Aktivitas Belajar Menggunakan Gerak dan Lagu Hubungannya Dengan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Arab Anak

Main Article Content

Syamiyah Syamiyah
Aam Kurnia
Ranti Rahayu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, yakni di RA Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar Bogor, dari keseluruhan peserta didik  terdapat 12 anak yang masih belum dapat mengingat kosakata bahasa Arab.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu, kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab, dan hubungan  antara aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu dengan kemampuan  mengingat kosakata bahasa Arab anak. Metode penelitian yang digunakan yakni  kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis  deskriptif dan korelasi. Adapun hasil perhitungan yang diperoleh pada variabel  X diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan  pada variabel Y diperoleh nilai rata-rata 71,8 dengan kategori baik. Sehingga,  hubungan antara Variabel X dan Y diperoleh angka koefisien korelasi sebesar - 0,48 yang termasuk pada kategori sangat rendah. Hasil uji hipotesis menunjukan (2,816) > (2,060). Artinya, hipotesis (Ha) diterima yang berarti terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Kemudian, hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar  menggunakan gerak dan lagu memberikan kontribusi sebesar 23,04% terhadap  kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak. Hal ini menunjukkan 76,96% kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab dipengaruhi faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Afzalur, R., & Murtadha, M. (2007). Energi Sholat. Jakarta: Serambi. Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali Press.

Khodijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarata: Kencana.

Mariati, P., & Asmara, B. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Gerak dan Lagu Tematik Bagi Guru Pos Paud Terpadu. PEDAGOGI, 9.

Silberg, J. (2004). Brain Games for Babies. Jakarta: Penerbit Erlangga. Sugiono. (2012). Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Syamsu, Y. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yunita, N., Mulyani, E., & Handajani, D. O. (2019). Psikologi Daur Hidup Wanita. Malang: Literasi Nusantara.