Permainan Ular Tangga untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini

Isi Artikel Utama

Aam Kurnia
Zaenal Muftie
Rima Maryamah

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini yaitu suatu cara dalam memberikan rangsangan pendidikan baik jasmani dengan rohani terhadap anak yang berusia 0 sampai usia enam tahun. Berdasarkan hasil observasi di RA Ar-Rifa, terlihat bahwa pengenalan huruf hijaiyah belum berkembang dengan optimal. Dari lima belas orang siswa terhitung ada tujuh orang siswa dengan memiliki nilai belum berkembang dalam suatu mengenal huruf dengan pembelajarannya menggunakan kartu huruf hijaiyah. Tujuan dilakukannya penelitian tersebut yaitu agar dapat mengetahui bagaimana aktivitas bermain alat permainan papan ular tangga di kelompok B RA Ar-Rifa, untuk mengetahui bagimana pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di kelompok B RA Ar-Rifa dan untuk mengetahui hubungan aktivitas bermain ular tannga dengan pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di kelompok B RA Ar-Rifa. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik yang dipakai dalam pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta unjuk kerja. Adapun teknik analisis data yang dipakai adalah analisis parsial, uji normalitas, uji korelasi serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil di dalam penelitian tersebut diketahui bahwa terdapat atau adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas bermain ular tangga dan pengenalan huruf hiajiyah, dengan hasil rhitung 0,899 > rtabel 0,514. Dari hasil korelasi tersebut termasuk kedalam kelompok interval 0,80-1,000 yang menunjukan bahwa tingkat hubungan sangat kuat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Harun Rasyid, dkk. 2014. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Panduan Penggunaan Permainan Ular Tangga.

Kodriyah, Laeli. 2019. “Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Menggunakan Metode Iqra’ Pada Anak Usia Dini Di RA Diponegoro Kertanegara Kecamatan Kertanegara Kabupaten Purbalingga”. (Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri Purwokerto).

Ma’rifatul, Munjiah. 2009. Imla’ Teori dan Terapan. UIN Malang Press.

Muhibbin, syah. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Manajemen Paud. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mursyid. 2016. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nafiah, Nurul Ratnaningsih. 2014. “Penggunaan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas III A SDN Nugoputro Sleman”. (Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta).

Pupung, dan Anik Lestariningrum. 2018. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk : CV. Adjie Media Nusantara.

Ratnaningsih. 2006. Penggunaan Permainan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Raysia, tiara. 2016. “Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Melati”. (Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lampung).

Sasmita, Gunanto dkk., 2019. “Sibaaqun Edukasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Media Permainan Papan”. Journal of Animation & Games Studies, Vol. 5 No. 2.

Sirajudin. 2006. Pengertian Huruf Hijaiyah. Jakarta : Pustaka Tarbiyah. Socitoe, samuel. 1982. Psikologi Pendidikan II. Jakarta : FEUI

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujiono, Nurani Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Indeks

Sujogyo, dan Pujiwati Soyogyo. 1999. Sosiologi Pedesaan Kumpulan Bacaan. Yogyakarta : Gajah Mada University.

Suyadi, Maulidya. 2012. Konsep Dasar Paud. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Suyadi, Ulfah Maulidya. 2012. Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Swastruni, Antara, dkk. 2016. “Penerapan Bermainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 Di Tk Widya Sesana Sangsit”. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4 No. 2.