Implikasi Penggunaan Media Mobis (Motor Skills Block Interlocking System) Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak

Main Article Content

Aam Kurnia
Zaenal Muftie
Rima Rahayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak menggunakan media konvesional lego, mengetahui kemampuan motorik halus menggunakan media MoBIS (Motor skills block interlocking system), serta perbandingan kemampuan motorik halus anak antara penggunaan media konvesional lego dengan penggunaan media MoBIS (Motor skills block interlockin system) di kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Subjek penelitian ini adalah kelompok B RA Al-Mufassir Gandasoja Kabupaten Bandung yangberjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menyatakan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan media lego memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 54 masuk pada kategori kurang dan posttest sebesar 78,85 masuk pada kategori baik. Sedangkan kemampuan motorik halus anak yang menggunakan media MoBIS (Motor skills block interlocking system) memperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,30 masuk pada kategori cukup dan posttest sebesar 86,28 masuk pada kategori sangat baik.


Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh harga thitung 1,858 < ttabel 1,943. Maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media MoBIS (Motor skills block interocking system) terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok  B RA Al-Mufassir Gandasoja Kabupaten Bandung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran Bidang Pengmbangan Motorik di Taman Kanak-kanak . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kartono, K. (2007). Psikologi Anak . Bandung: Mandar Maju.

Latifah, U. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Media Motor Skills Block Interlocking System.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bani Aksara.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sundono, A. (2008). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Gramedia. UU NO 20. (Tahun 2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.