Hubungan Antara Keterampilan Bermain Tebak Huruf dengan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini

Main Article Content

Ida Rosyidah
Hilman Mangkuwibawa
Nuri Siti Sundari

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Keterampilan bermain tebak huruf pada kelas B di RA Syamsi Dhuha Kecamatan Mandalajati Bandung; 2) Kecerdaan kognitif anak usia dini di kelas B RA Syamsi Dhuha; dan 3) Hubungan antara keterampilan bermain tebak huruf dengan kecerdaan kognitif anak usia dini di kelas B RA Syamsi Dhuha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan datanya adalah metode penelitian korelasional. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh anak kelas B di RA Syamsi Dhuha dengan jumlah 12 anak ditetapkan sebagai responden penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada keterampilan bermain tebak huruf diperoleh nilai rata-rata 57 kategori kurang. Kecerdasan kognitif anak usia dini diperoleh nilai rata-rata sebesar 59 dengan kategori kurang. Angka koefisien korelasi yang didapat adalah 0,504, berkategori sedang karena berada pada interval 0,400 – 0,600. Hasil uji signifikansi diperoleh thitung = 1,844 < harga ttabel = 2,764 artinya Ho (Hipotesis nol) diterima. Dengan kata lain tidak memiliki hubungan nyata yang relevan antara keterampilan bermain tebak huruf dengan kecerdasan kognitif anak usia dini. Adapun besarnya kontribusi keterampilan bermain tebak huruf terhadap kecerdasan kognitif anak usia dini sebesar 25,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 75,6% kecerdasan kognitif anak usia dini dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alfi Siti Fauzaniyyah. (2020). HUBUNGAN KEGIATAN PERMAINAN POPSICLE PUZZLE DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL BINATANG ANAK USIA DINI (Penelitian Di Kelompok B2 Ra Mukhlishiina Lahuddiin Komplek Permata Biru Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung). 2507(February), 1–9.

Anik, I. (2017). Mengembangkan kecerdasan kognitif anak melalui beberapa metode. Jurnal Psycho Idea, 15(2), 110–118. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view /2450

Ardini P, & Lestariningrum A. (2018). Bermain dan Permainan Anak usia Dini Sebuah Kajian Teori dan Praktik. Kencana, Vol. 1, p. 236. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.asw.2013.04.001%5Cnhttp://journals.cambri dge.org/abstract_S0140525X00005756%5CnLib scanned%5Cnhttp://www.brie.org/pub/index.php/rbie/article/view/1 293%5Cnhttp://wwwpsych.nmsu.edu/~pfoltz/reprints/Edmedia99.ht ml%5Cnhttp://urd.

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Lestariningrum, A., Suyatno, A., Puspita, Y., … Rismawati, N. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Retrieved from www.penerbitwidina.com

Budiarti, S. N. I. (2020). Penerapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 TK Negeri Pakunden 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(2), 285. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2.217

Depdiknas. (2004). Standar Kompetensi Pendidikan Kurikulum 2004 (pp. 1–23). pp. 1–23.

Eva, O., Eliasa, I., Pd, M., Pengajar, S., Studi, P., Pendidikan, P., … Dini, U. (1988). PENTINGNYA BERMAIN BAGI ANAK USIA DINI Oleh : Eva Imania Eliasa, M.Pd Staf Pengajar Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP UNY.

Eva Susanti. (2018). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Balok di PAUD Ceria Banjar Rejo Lampung Timur. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Hayati, T. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.

Jannah, L. M., & Prasetyo, B. (2011). Pendekatan Kuantitatif. Materi Pokok Metode Penelitian Kuantitatif, 1–19. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4598/2/SOSI4311-M1.pdf

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Kurnia, S. D. (2014). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Klasifikasi Berdasarkan Warna Bentuk Dan Ukuran Pada Kelompok B6 Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuan Kota Bengkulu.

Larasati, S. (2013). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PERMAINAN TEBAK HURUF PADA ANAK KELOMPOK BERMAIN AL AMANAH GEMBONG KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012-2013. Doctoral Dissertation, 17–18.

Maghfiroh, S. T., & Istianti, T. (2021). Penggunaan Media Game Terhadap Keaksaraan Awal Anak Melalui Metode Analisis the Use of Game Media on Children’ S Early Literature. Antalogi PGPAUD, 4 (2).

Muthmainnah, -, Astuti, B., & Fatimaningrum, A. S. (2016). Pengembangan Panduan Permainan Untuk Engoptimalkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12363

Nehru. (2011). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Pendidikan Anak Usia Dini, 134.

Permendikbud. (2016). Permendikbud_No_60_Tahun_2016.

Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(Tersedia Di Http://Komunikasi. Uinsgd. Ac. Id).

Pudjiati. (2011). Bermain Bagi AUD dan Alat Permainan yang Sesuai Bagi Usia Anak. 28.

Rahayuningsih, Septiana, S., Soesilo, T., Danny, & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17.

Rahman, U. (2009). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(1), 46–57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Saputra, A. S. A., & Suryandi, L. S. L. (2020). Perkembangan kognitif anak usia dini dalam perspektif Vygotsky dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 198–206.

Seefeldt, C., & A. Wasik, B. (2008). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Indeks.

Semiawan, C. R. (2008). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Index.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Sukmadinata, & Nana, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Suyanto, S. (2005). Metode Penelitian Survei. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia. Trisniawati. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta.

Tuti Hayati. (2014). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insani Mandiri. Wahyudi, B. (2019). Pendidikan Keterampilan”. 8–34.

Waraningsih, T. L. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Seman. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta.

Yudiasmini. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(1).

Zaini, A. (2019). Bermain sebagai Metode Pembelajaran bagi Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 118. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4656.