Model Pembelajaran Elaborasi Terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Silvi Febrianti
Ida Nuraida

Abstract

Model pembelajaran elaborasi siswa diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar yang dicapai dengan lebih memahami relevansi seluruh materi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah studi kepustakaan. Pencarian data yang digunakan adalah Google Scholar dari tahun 2017 hingga tahun 2022, kata kunci yang digunakan dalam pengumpulan data adalah “model pembelajaran elaborasi”. Unsur penting pembelajaran untuk memudahkan pemahaman siswa adalah membandingkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang sudah diketahui siswa. Penggunaannya lebih efektif jika di di awal pembelajaran. Hasil belajar matematika merupakan ekspresi keberhasilan seseorang dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan matematika, yang tercermin dari perubahan perilaku berupa kognitif, emosional dan psikologis setelah mempelajari literatur matematika. Strategi pembelajaran Model Elaborasi (EB) dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada umumnya

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, D., Revita, R., & Muhandaz, R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Elaborasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Matakognisi Siswa SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 303–310.

Darmi, D. D. (2021). Peningkatan Keterampilan Tentang Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas X TPM A SMK Negeri 1 Jenangan. Jurnal Revolusi Pendidikan (JUREVDIK), 4(3), 72–80.

Degeng, N. S. (1997). Strategi Pembelajaran (Mengorganisasi Isi Pembelajaran dengan Model Elaborasi). Jakarta: IKIP Malang, Biro Penerbitan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia.

Febryanti, F., Ahmad, H., & Muryati, M. (2018). EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ELABORASI DENGAN MEDIA CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Prosiding, 3(1).

Harefa, K. M., & Laoli, Y. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SMP NEGERI 2 HILIDUHO.

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil Belajar Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Hermansyah, H., & Aras, I. (2019). Teori elaborasi sebagai strategi pengorganisasian isi materi pembelajaran matematika. Mathematic Education and Aplication Journal (META), 1(1), 26–36.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27.

Kurniasih, R., & Setyaningsih, E. (2020). Strategi pembelajaran elaborasi pada materi barisan dan deret bagi mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 345–354.

Mu’tasimah, Y. (2018). Pembelajaran Elaborasi dengan Media Kerangka Lingkaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Siswa Kelas XIIS 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Pacitan Tahun Pelajaran 2016-2017.

Perangin-angin, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Di Ajar Dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43–50.

Pujiati, P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menentukan KPK Dan FPB Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Pembelajaran Model Elaborasi (EB) Siswa Kelas IV SDN 1 Ngasinan Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo. Jurnal Edukasi Gemilang (JEG), 5(1), 55–62.

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Safitri, Y., & Muzakkir, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ELABORASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 48–52.

Sastypratiwi, H., & Nyoto, R. D. (2020). Analisis Data Artikel Sistem Pakar Menggunakan Metode Systematic Review. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 6(2), 250–257.

Sugilar, H., Kariadinata, R., & Sobarningsih, N. (2019). Spektrum Symbol Dan Structure Sense Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37-48. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp37-48

Tamagola, R. H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Kelas VIII Semester Genap untuk SMP Berdasarkan Model Elaborasi. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48–55.

Wanti, N., Juariah, J., Farlina, E., Kariadinata, R., & Sugilar, H. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56-69