Konsep Mu’amalah Ma’annas dalam al-Qur’an Perspektif Surat Al-Maidah Ayat 1 dan Implikasinya terhadap Kehidupan Sehari-hari

Main Article Content

Alfia Rizka Fajriah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas konsep mu’amalah ma’annas dalam al-Qur’an perspektif surah al-Maidah ayat 1 dan implikasinya terhadap kehidupan sehari-hari. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah tafsir al-Qur’an, objek materialnya ialah konsep mu’amalah ma’annas dalam surah al-Maidah ayat 1, dan konteksnya yaitu implikasi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa terdapat unsur mu’amalah ma’annas atau hubungan antar manusia berupa akad (perjanjian) dalam surah al-Maidah ayat 1. Kesimpulan penelitian ini adalah akad merupakan sumber terpenting dari perikatan dan Islam membagi akad ke dalam beberapa bagian sesuai dengan sudut pandang, kedudukan, serta formalitasnya, di mana hal ini menjadi landasan implemetasi mu’amalah ma’annas dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asmaret, Desi. (2018). Ontologi Hukum Islam. Jurnal Al-Himayah, 2(1), 59–76.

Darmalaksana, Wahyudin. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/

Darmalaksana, Wahyudin. (2022a). Filsafat dan Politik Hukum Islam Perbankan Syariah. Bandung: Sentra Publikasi Indonesia.

Darmalaksana, Wahyudin. (2022b). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, Wahyudin. (2022c). The need for social theology to strengthen the social functions of Islamic banking in Indonesia. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 78(1), 1–13.

Hasan, Akhmad Farroh. (2018). Fiqh Muammalah dari Klasik hingga Kontemporer: Teori dan Praktek. UIN-Maliki Press.

Ismail, Umam. (2021). Isi Kandungan Surat Al Maidah Ayat 1 Dilengkapi Teks Arab, Latin, dan Artinya.

Labs, Javan. (2022). Al-Maidah Ayat 1. Retrieved from tafsirq.com website: https://tafsirq.com/5-Al-Ma’idah/ayat-1

Lesmono, Bambang, & Sudiarti, Sri. (2021). Tafsir Potongan Ayat Pertama Pada Surat Al-Maidah. Mubeza, 11(1), 30–34.

Muayyad, Ubaidullah. (2015). Asas-asas Perjanjian dalam Hukum Perjanjian Islam. ’Anil Islam: Jurnal Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman, 8(1), 1–24.

Muhtada, Fikri Muhtada, & Aziz, Muhammad Abdul Aziz Abdul. (2022). Kajian Hukum Taklifi menurut para Imam Mazhab. Tahkim, 17(2), 245–260.

Rahman, Taufiqur. (2021). Buku Ajar Fiqih Muamalah Kontemporer. Academia Publication.

Ruskhan, Abdul Gaffar. (2007). Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia: Kajian tentang Pemungutan bahasa. Grasindo.

Sari, Mila, Siswati, Tri, Suparto, Arico Ayani, Ambarsari, Ida Fitriana, Azizah, Nur, Safitri, Wahyuningsih, & Hasanah, Nur. (2022). Metodologi Penelitian. Global Eksekutif Teknologi.

Setiawan, Ebta. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa website: https://kbbi.web.id/akikah

Sukmasari, Dahliana. (2020). Konsep Kesejahteraan Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an. At-Tibyan, 3(1), 1–16.

Syaikhu, Syaikhu, Ariyadi, Ariyadi, & Norwili, Norwili. (2020). Fikih Muamalah: Memahami Konsep dan Dialektika Kontemporer. K-Media.

Taqiyudin, Hilman. (2020). Konsep Etika Muamalah dalam Islam. Muamalatuna, 11(1), 80–102.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Ulya, Miftah. (2020). Hadis-hadis Mu’amalah. Yogyakarta: Kalimedia.