Bencana Alam dalam Kehidupan Manusia Perspektif al-Qur’an: Studi Interpretasi Kontekstual

Main Article Content

Rulia Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bencana alam dalam kehidupan manusia perspektif al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode analisis kontekstual. Objek formal penelitian ini adalah ilmu tafsir kontekstual. Sedangkan objek material penelitian ini adalah bencana alam dalam al-Qur’an. Adapun konteks penelitian ini yaitu bencana alam dalam kehidupan manusia di masa sekarang. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa bencana alam dalam kehidupan manusia di masa sekarang lebih banyak disebabkan oleh pemanasan global yang menimbulkan perubahan-perubahan iklim secara ekstrim seperti cuaca, udara, dan curah hujan hingga menimbulkan longsor, banjir, dan kerusakan ekologis yang semakin tidak menentu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa interpretasi kontekstual atas ayat-ayat al-Qur’an tentang bencana alam dipahami sebagai peringatan ketika ayat-ayat tersebut diturunkan dan bermakna tindakan pemulihan lingkungan di masa sekarang agar umat manusia tidak mewariskan lingkungan ekologis yang rusak untuk generasi yang akan datang sehingga terhindar dari berbagai bencana yang tidak diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Daftar Pustaka

Abdillah, A. (2021). Bencana Kemanusiaan dalam Tinjauan Filsafat Perenial. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 74–95.

Abdurrahman. (2011). al-Qur'an dan Isu-isu Kontemporer. Yogyakarta: eLSAQ Press.

al-Ayid, A. (2003). al-Mu'jam al-Arabi al-Asas. Beirut: Larus.

Bandung, U. S. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hamsa, H., Irwan, M., & Hairuddin, H. (2021). Makna Kontekstual Dialog Kisah Nabi Yusuf A.S. dalam Al-Qur’an. Al-Ibrah, 83-107.

Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Hasbiyallah, M. (2018). Paradigma Tafsir Kontekstual: Upaya Membumikan Nilai-nilai Al-Qur’an. Al-Dzikra: Jurnal Studi Ilmu al-Qur’an dan al-Hadits, 1-26.

Hidayati, H. (2018). Metodologi Tafsir Kontekstual al-Azhar Karya Buya Hamka. el’Umdah: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir.

Istianah, I. (2015). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Perspektif Hadis. Riwayah: Jurnal Studi Hadis, 249–270.

Kadarusman, R. R., Huriani, Y., & Darmalaksana, W. (2022). Islam dan Perubahan Iklim Global: Studi Transmisi Hadis Era Kontemporer. Gunung Djati Conference Series.

Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kartika.

Lukman, A. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Makmun Abha, M. (2013). Gempa Bumi dalam Al-Qur’an (Tafsir Tematik). Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 19–36.

Manzhur, I. (2009). Lisan al-Arab. Beirut: Daar al-Kutub al-ilmiyyah.

Masruri, U. N. (2014). Pelestarian Lingkungan dalam Perspektif Sunnah. At-Taqaddum, 411–428.

Maulida, A. (2019). Bencana-bencana Alam pada Umat Terdahulu dan Faktor Penyebabnya dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Tafsir Maudhu’i Ayat-ayat tentang Bencana Alam. At-Tadabur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 130–155.

Qolay, A. H. (1989). Kunci Indeks dan Klasifikasi Ayat-ayat al-Qur'an Jilid 1. Bandung: Penerbit Pustaka.

Shihab, M. Q. (1907). Musibah dalam Perspektif al-Qur'an. Jurnal Studi al-Qur'an, 9.

Suryadilaga, M. A. (2013). Pemahaman Hadis tentang Bencana (Sebuah Kajian Teologis terhadap Hadis-hadis tentang Bencana). Esensia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 83–102.

Thaib, Z. b. (2021). Bencana dalam Perspektif al-Qur'an. Universitas Dharmawangsa, 1.

Yuhadi, I., & Murtini, N. B. (2021). Implementasi Hadis-hadis Sabar dalam Menghadapi Bencana (Studi Kasus Bencana Banjir di Kepatihan Jember). Al-Majaalis: Jurnal Dirasat Islamiyah, 395–411.