Pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Perilaku Spiritual Siswa

Main Article Content

Ditha Paramita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh bimbingan konseling terhadap perilaku spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang dialami para siswa di sekolah sering kali tidak dapat dihindari, meski dengan pengajaran yang baik sekalipun. Hal ini terlebih lagi disebabkan karena sumber-sumber permasalahan siswa banyak yang terletak di luar sekolah. Dalam kaitan itu, permasalahan siswa tidak boleh dibiarkan begitu saja. Dalam tugas pelayanan yang luas, bimbingan dan konseling di sekolah adalah pelayanan untuk semua murid yang mengacu pada keseluruhan perkembangan mereka, yang meliputi keempat dimensi kemanusiaannya yaitu dimensi individualitas, sosialitas, moralitas, dan religiusitas dalam rangka mewujudkan manusia seutuhnya. Penelitian ini menyimpulkan ternyata pengaruh bimbingan konseling terhadap perilaku siswa sangat di perlukan karena permasalahan siswa tidak boleh dibiarkan begitu saja terlebih melihat zaman yang sudah maju, bimbingan dan konseling sebenarnya sangat diperlukan untuk menjadikan manusia yang seutuhnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Ditha Paramita, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin

References

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Fenti Hikmawati (1386). Bimbang Dan Konseling.

Hasbi Ashshidieqy. (2018). “Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi.” Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 07, 70–76.

Indrayanti, C. (2011). Pengaruh Bimbingan dan Konseling terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Babus Salam Cimone-Tangerang.

Irmansyah. (2022). Religiusitas Konseling Islam dan Kristen Dilihat dari Sejarah Perkembangan Konseling Religiusitas. 4, 63–76. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Irsyad/article/view/5163/3688

Junaedi, Achmad & Suhartini, T. (2022). Pengaruh bimbingan spritual terhadap motivasi belajar siswa. Nusantara Hasana Journal, 1(12), 54–62.