Peran Tasawuf dalam Dunia Pendidikan Masyarakat Modern

Main Article Content

Asmaa Nabila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas peran tasawuf dalam dunia pendidikan masyarakat modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif–analitis.  Hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tasawuf tidak hanya sebagai sarana pendekatan diri manusia kepada Allah Swt saja, tasawuf dalam dunia pendidikan juga menjadikan manusia berkeperibadian yang shalih dan berperilaku baik dan mulia. Penelitian ini menyimpulkan ternyata peran tasawuf dalam dunia pendidikan masyarakat modern sangat dianggap perlu, terlebih jika melihat perkembangan zaman yang didorong oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Asmaa Nabila, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin

References

A Muchasan. (2018). Aplikasi Tasawuf pada Dunia Pendidikan Modern. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, 66(2), 37-39.

Kurniawan, A. (2016). Peran Tasawuf dalam Pembinaan Akhlak di Dunia Pendidikan di Tengah Krisis Spiritualitas Masyarakat Modern. Jurnal Yaqzhan: Analisis Filsafat Agama dan Kemanusiaan 2, 80-98.

M. Arif Khoiruddin. (2016). Peran Tasawuf Dalam Kehidupan Masyarakat Modern, Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman,27, 113-133.

Munjiat, S. M. (n.d.). (2018). Peran Tasawuf Dalam Pendidikan Karakter: Pembangun Pendidikan Melaluin Kerangka Tasawuf".Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 71-89.

Tabrani ZA. (2009). Ilmu Pendidikan Islam (antara Tradisional dan Modern). 1-23.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pe-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertas. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kesuma, G. (2013). Pemberdayaan Pendidikan Islam Dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.