Internalisasi Nilai-nilai Tasawuf dan Relevansinya terhadap Persoalan Problematis Manusia di Era Modern

Main Article Content

Annisa Nurhaliza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang internalisasi nilai-nilai tasawuf dan relevansinya terhadap persoalan problematis manusia di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah teori tasawuf, sedangkan objek materialnya ialah problemalitas manusia modern. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi  nilai-nilai  tasawuf menggunakan  tiga model atau tahapan yaitu takhalli, tahalli dan tajalli. Ketiga  model tersebut saling  berkaitan  satu  sama  lain  dalam  pembinaan akhlak  sebab mengarah pada hati dan  perilaku. Dan dalam tasawuf yang menjadi ciri seorang sufi diindikasikan pada beberapa sifat, yaitu  zuhud,  qana’ah,  tawakal,  sabar,  wara’,  dan ikhlas. Dari nilai-nilai tasawuf tersebut dapat menjadi penunjang persoalan problematis manusia di Era modern. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ternyata intenalisasi nilai-nilai tasawuf ini sangat penting dan berpengaruh dalam persoalan problematis manusia di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Annisa Nurhaliza, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin

References

Amin, S. J. (2019). Talassa Kamase-Mase dan Zuhud: Titik Temu Kedekatan pada Tuhan dalam Bingkai Pasang Ri Kajang dan Ilmu Tasawuf. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 12(1), 61–75.

Anwar, M. R., Hakim, M. A., & Solihin, M. (2005). Akhlak tasawuf. Ganeca Exact.

Asmaran, A. S. (1996). Pengantar Studi Tasawuf. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Burga, M. A., Marjuni, A., & Rosdiana, R. (2019). Nilai-nilai Tarbiyah Ibadah Kurban dan Relevansinya dengan Pembelajaran Pendidikan Formal. PALAPA, 7(2), 202–233.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Daulay, H. P., Dahlan, Z., & Lubis, C. A. (2021). Takhalli, Tahalli Dan Tajalli. Pandawa, 3(3), 348–365.

Haedar, N. (1999). Agama dan Krisis Manusia Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasan, I. (2014). Tasawuf: Jalan Rumpil Menuju Tuhan. An-Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya Dan Sosial, 1(1), 45–63.

Kadi, K., & Khoiriyah, H. (2022). Pembelajaran Tasawuf di Pondok Pesantren Salafiyah Bandar Kidul Kota Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 3(2), 213–228.

Khafidah, W. (2018). Aktualisasi Nilai Tasawuf dalam Spiritualitas Kehidupan. Serambi Tarbawi, 6(1).

Marzuki, A. S. (2009). Prinsip Dasar Akhlak Mulia. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Munif, M. (2017). Strategi internalisasi nilai-nilai pai dalam membentuk karakter siswa. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1–12.

Nur A, I. (2019). Spiritualitas masyarakat dalam menghadapi problematika zaman. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nurhasanah, L. (2017). Peran Tasawuf Dalam Kehidupan Manusia Modern (Perspektif Sayyed Hossein Nasr). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 6(2).

Radiansyah, D. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Remaja Islam (Studi Kasus di Kampung Citeureup Desa Sukapada). JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 3(2), 76–103.

Rasyid, R., & Burga, M. A. Q. (2017). Nilai Pendidikan Islam dalam Ibadah Qurban: Kritik terhadap Praktik Pendidikan Modern.

Susanti, S. E. (2016). Spiritual Education: Solusi Terhadap Dekadensi Karakter dan Krisis Spiritualitas di Era Global. Humanistika: Jurnal Keislaman, 2(1), 89–132.

Syatar, A., Amiruddin, M. M., & Haq, I. (2020). KURIOSITAS Media Komunikasi Sosial dan Keagamaan.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Yasin, N., & Sutiah, S. (2020). Penerapan Nilai-nilai Tasawuf dalam Pembinaan Akhlak Santri pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Al-Musannif, 2(1), 49–68.

Zahri, M. (1995). Kunci Memahami Tasawuf. Cet I. Surabaya: Bina Ilmu.

Zuhri, A. (2019). TASAWUF EKOLOGI (Tasawuf Sebagai Solusi dalam Menanggulangi Krisis Lingkungan). Religia: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(2).