Tren Islam Masa Kini: Analisis Bibliomatriks pada Database Dimensions

Main Article Content

Danis Muhamad Akbar

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk yang menganut agama Islam terbanyak di dunia. Hampir 231 juta penduduk Indonesia menganut agama Islam. Oleh karena itu, negara Indonesia sering dijadikan cerminan bagi umat Muslim terutama dalam segi berpakaian. Akan tetapi, di sisi lain dalam ruang lingkup kehidupan bermasyarakat umat Muslim di Indonesia itu sendiri sebenarnya masih banyak pembahasan dan permasalahan mengenai tren berpakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis beberapa artikel terbit dengan kata kunci trend Islam masa kini dengan teknik analisis bibliometrik. Dengan metode kuantitatif dan analisis bibliometrik, penulis berusaha menampilkan beberapa tabel berisikan beberapa kategori berbeda. Pada hasil dan pembahasan, ditemukan empat kategori, yaitu 1) jumlah publikasi mengenai trend Islam masa kini, 2) jurnal yang paling sering menerbitkan artikel, 3) Peneliti Teraktif dan asal negaranya, 4) jurnal paling banyak yang menerbitkan artikel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masih kurangnya minat peneliti di Indonesia dalam meneliti kajian mengenai tren Islam masa kini. Meskipun memang dalam kategori afiliasi dan lokasi penerbitan paling aktif terdapat nama-nama yang berasal dari Indonesia, namun masih perlu ditingkatkan lagi dari kategori penulis paling produktifnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Danis Muhamad Akbar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin

References

Ananda Putri. (2022). Tren Fashion di Era Modern dalam Pandangan Islam. rahma.id.

Ariffin, M. F. M., Meerangani, K. A., Abd Azid, M. A., & Rosele, M. I. (2020). Trend dan Kefahaman Masyarakat Muslim Terhadap Isu Produk Sunnah di Malaysia. Jurnal ILMI, 10(1), 14–30.

Hermawati, Y., Piyatna, A., & Adji, M. (2016). Instagram dan mitos kecantikan perempuan muslim. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 199–215.

Iryanto, A., Pradana, F. A., Amaliyah, F., Nurmalasari, I., Revan, M., Fitriana, N., & Permata, V. (2021). Rebranding Dan Pembuatan Konten Produk Untuk Media Sosial Pada Brand Radyt Fashion, Mangga Dua Square Jakarta. Jurnal Pedes-Pengabdian Bidang Desain, 1(1), 46–50.

Lestari, P. (2016). Perilaku Konsumsi Busana Muslim Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu. IAIN Bengkulu.

Lilik Purwandi. (2019). 5 Hal Ini Tengah Tren di Kalangan Muslim Muda Indonesia. beritasatu.com.

Margono, T., & Margono, T. (2000). Aplikasi Pembelajaran Ilmu Bibliomatriks di Perguruan Tinggi. Cakrawala Pendidikan, 87386.

Nisa, K., & Rudianto, R. (2017). Trend fashion hijab terhadap konsep diri Hijabers komunitas hijab Medan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 105–117.

Ulya, I. (2018). Muslimah Cosmopolitan Lifestyle: Antara Syariat, Trend Masa Kini Dan Kapitalisasi Agama (Studi Budaya Pop Terhadap Pemilihan Putri Muslimah Indonesia).

Yolanda, H. (2020). Pengaruh Trend Fashion dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Khayla Boutique Di Kota Duri). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yuliza, L. (2021). Trend Berpakaian Masa Kini Mengubah Fungsi Busana Muslimah Di Kalangan Wanita Muslim. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 11–22.

Muhammad Torieq Abdillah. (2019). Busana Muslim: Antar Trend Dan Syariat Di Tengah Zaman Modern. LP2M UIN Antasari Banjarmasin.

Ananda Putri Puspita Sari. (2022). Tren Fashion di Era Modern dalam Pandangan Islam. rahma.id.

Indah Handayani. (2019). 5 Hal Ini Tengah Tren di Kalangan Muslim Muda Indonesia. beritasatu.com.

Rosli, T., Muniandy, Y., Jasmi, K. A., Rosli, T., Muniandy, Y., & Jasmi, K. A. (2019). Media Sosial dan Impak Tingkah Laku Menurut Islam. Jurnal Channel, 3(2), 1–16.

Halim, A., Zakirah, Z., Azmi, D. S., & Marni, N. (2019). Media Sosial dan Trend Penggunaan Menurut Islam. Kertas Kerja Dibentangkan Di Seminar Sains Teknologi Dan Manusia. Anjuran Akademi Tamadun Islam Fakulti Sains Sosial Dan Kemanusiaan, Universiti Teknologi Malaysia, Skudai, 15.

Yuliza, L. (2021). Trend Berpakaian Masa Kini Mengubah Fungsi Busana Muslimah Di Kalangan Wanita Muslim. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1(1), 11–22.

Nisa, K., & Rudianto, R. (2017). Trend fashion hijab terhadap konsep diri Hijabers komunitas hijab Medan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 105–117.