Pendampingan Penguatan Kapasitas Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal

Main Article Content

Wahyudin Darmalaksana
Tatang Astarudin
Dhita Fadhilatul Azizah
Devi Rizki Apriliani

Abstract

This study aims to discuss strengthening the skills of writing scientific papers in student boarding schools. This study used a qualitative approach with a descriptive-analytical method. The results of the research and discussion show that kiyai leadership, scientific publication best practices, training and mentoring can play an effective role for student boarding schools and even to leverage the productivity of scientific publications. This research concludes that training and mentoring are relevant to the agenda of strengthening students' skills in writing scientific articles in student boarding schools.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Wahyudin Darmalaksana, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Hadis Fakultas Ushuluddin

Tatang Astarudin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Syariah dan Hukum; Pondok Pesantren Mahasiswa Universal, Bandung

Dhita Fadhilatul Azizah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin

Devi Rizki Apriliani, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin; Pondok Pesantren Mahasiswa Universal, Bandung

References

Budi. (2020). Pesantren Mahasiswa Universal Bandung. Laduni: Layanan Dokumentasi Ulama Dan Keislaman. https://www.laduni.id/post/read/68860/pesantren-mahasiswa-universal-bandung

Chonitsa, A., Musa, M. M., Raniasati, R., Febriyanti, A., Adila, A. C., Handoyo, T., Amalia, A. R., Tiara, E., Priyatun, I., & Salamah, S. (2022). Pelatihan Google Scholar Mahasiswa Cendekia di Pondok Pesantren Alif Lam Mim. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 14–17.

Idris, I., Subekti, A., & Sulistyo, W. D. (2020). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Elektronik Sebagai Media halaqoh Ilmiah di Pesantren Luhur. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 3(1), 11–20.

Ismail, I. M., & Husniyah, M. (2020). Pengembangan Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Profesionalisme Santri (Studi pada Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Nurul Huda Mergosono Malang). Jurnal Transformatif (Islamic Studies), 4(1), 63–74.

Nugraha, F. (2018). Pengaruh Flow terhadap Psychological Well Being pada Santri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal (PPMU). UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Prayoga, A., & Mukarromah, I. S. (2018). Kiai Pondok Pesantren Mahasiswa. Madrasa, 1, 30–38.

Setyawan, M. A. (2019). UU Pesantren: Local Genius dan Intervensi Negara terhadap Pesantren. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 19–40.

Taufiqurrahman, F., Martutik, D. W., Santoso, A., Susilowati, N. E., Jayanti, C. T., & Suparno, A. S. I. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Berbasis Korpus Bahasa. Wahana Dedikasi: Jurnal PKM Ilmu Pendidikan, 3(2), 21–28.

Tohari, L. A., Fatoni, U., & Muhlis, A. (2020). Strategi Dakwah Santri dalam Menghadapi Berita Hoax di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(2), 148–167.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.