Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Permainan Play Dough

Isi Artikel Utama

Tuti Hayati
Aam Kurnia
Fitrah Fairuz

Abstrak

Latar belakang dilakukan penelitian ini karena adanya ketidakmandirian anak kelompok B RA Khoerul Huda Purwakarta dibuktikan dengan presentase hasil rata-rata kemandirian pra siklus/sebelum penelitian didapatkan hasil 50,79% dikategorikan kurang, penyebabnya karena anak merasa bosan dengan proses belajar yang monoton/mewarnai gambar dan guru tidak menggunanakan metode pembelajaran yang bervariasi, solusi dari permasalahan ini peneliti menawarkan metode permainan play dough untuk diterapkan kepada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu 1)untuk mengetahui kemandirian anak kelas B RA Khoerul Huda Purwakarta sebelum diterapkan permainan play dough. 2) untuk mengetahui proses pelaksanaan permainan play dough untuk meningkatkan kemandirian anak kelas B Khoerul Huda Purwakarta pada setiap siklus. 3) untuk mengetahui kemandirian anak kelas B RA khoerul huda Purwakarta setelah diterapkan bermain play dough pada seluruh siklus. Metode dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu : Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas B RA Khoerul Huda tahun ajaran 2020-2021 dengan jumlah 12 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam penerapan petode permainan play dough terdapat peningkatan setiap siklus, yaitu aktivitas guru siklus I 65,38% (katagori cukup aktif), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai 88,46%(kriteria aktif). 2) Aktivitas anak pada siklus 1 mencapai angka 55,88% (kurang aktif), sedangkan aktivitas anak pada siklus II mencapai angka 76,46% (Aktif) , terdapat peningkatan pada setiap siklus. 3) Kemandirian anak siklus I 62,79% (baik),mengalami peningkatan kemandirian anak pada siklus II mencapai angka 79,94% (sangat baik). Sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya Yayasan Penyelenggara Penafsir Al-Qur’an. Bandung: Gema Risalah Presst.t.

Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi guru. Jakarta. Rajawali Pers.

McNiff, Jean. 1992. Action Research: Principles and Practice. London. MacMillan EducationLtd.

Sukidin dkk. 2002. Managemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya : Insan

Cendikia.

Tukiran Taniredja, dkk. 2013. Penelitian Tindakan Kelas ( Untuk Pengembangan Profesi Guru Praktik, Praktis, dan Mudah). Bandung : Alfabeta.

Sumber Jurnal

Muallimuna. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah Vol.1. No .2 April 2016. Uswatun

Hasanah. Minggu 1 Juli 2012., diunduh tanggal 07 Agustus 2018 Pukul 16.17 WIB

Ahmad Susanto. dosen tetap FIP-UM Memahami Perilaku Kemandirian Anak Usia Dini. 7 Desember 2017.