Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Anak Usia Dini Melalui Media Alphabeth Match Board

Main Article Content

Yuyun Yulianingsih
Teti Ratnasih
Ghina Andira Rismayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok A1 di RA Bina Ilmu Anak Shaleh sebelum menggunakan media alphabeth match board, proses penggunaan media alphabeth match board pada setiap siklus, peningkatan kemampuan mengenal huruf abjad kelompok A1 di RA Bina Ilmu Anak Shaleh setelah menggunakan media alphabeth match board. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan gabungan dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A1 RA Bina Ilmu Anak Shaleh yang berjumlah 10 anak. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa kemampuan mengenal huruf abjad sebelum dilakukan tindakan menggunakan media alphabeth match board memperoleh nilai rata-rata 38,33 dengan kategori kurang sekali. Proses penggunaan media alphabeth match board dilihat dari aktivitas guru dan anak, pada siklus I aktivitas guru mencapai 65,62% dengan kategori cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan kategori sangat baik. Demikian pula pada aktivitas anak di siklus I mencapai 55,01% dengan kategori kurang, dan pada siklus II meningkat menjadi 82,16% dengan kategori sangat baik. Adapun kemampuan mengenal huruf abjad melalui media alphabeth match board yang mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 50,72 dengan kategori kurang, dan pada siklus II meningkat menjadi 79,35 dengan kategori baik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dhieni, N. (2010). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Harun Rasyid, dkk. (2009). Assesmen Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Otto, Beverly; Tim penerjemah Prenadamedia Group. (2015). Perkembangan bahasa pada anak usia dini / Beverly Otto ; penerjemah, Tim penerjemah Prenadamedia Group. Jakarta: Prenadamedia Group.

Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Seefelt, Carol. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT. Indeks.

Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tarigan, G. H. (1993). Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tika Surtika, S. d. (2019). Pengaruh Media Puzzle Huruf Terhadap Kemamuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A di TK Ar-Rahman Kecamatan Sukahening. Jurnal PAUD Agapedia, Vol.3 No. 1 , 103.