Penerapan Nilai Akhlak dalam Majelis Gerakan Maghrib Mengaji

Main Article Content

Firda Nurul Inayah
Firyal Ath-Thufaila Hasan
Hilman Hilman
Ida Parida

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meluruskan kembali akhlakul kharimah generasi penerus bangsa saat mereka melakukan penyimpangan di lingkungan gerakan magrib mengaji. Dan bagaimana cara guru dalam menyelesaikan masalah tersebut.Secara teoritis, penelitian ini bermanfaat sebagai tinjauan ilmu akhlak, lebih khususnya mengenai tentang penerapan nilai akhlak. Secara praktis, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan nilai akhlak dalam majlis gerakan magrib mengaji. Penelitian bersifat kualitatif merupakan studi lapangan tentang “Penerapan Nilai Akhlak dalam Majlis Gerakan Magrib Mengaji”. Hasil dan pembahasan penelitian ini mencakup ulasan tentang metode penelitian kualitatif, studi pustaka, studi lapangan, dan gabungan keduanya.Komunikasi murid dengan guru harus baik yang didasari pada adanya penerimaan kedua belah pihak. Muatan komunikasi itu juga penting agar mengarah kepada nilai-nilai akhlak yang diinginkan. Pendidikan nilai harus ditanamkan kepada murid sebelum mereka mencapai usia akhir pembentukan kepribadian. Jika melewati batas, amat sulit memasukkan nilai-nilai karena harus membangun kembali kepribadian yang telah terbentuk. Metode yang digunakan dalam mendidik anak yang kurang baik bisa dilakukan dengan menggunkan metode nasihat dan pendekatan. Menurut Ryan dan Bohlim karakter mengandung tiga unsur pokok, yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), mencintai kebaikan (loving the good), dan melaksanakan kebaikan (doing the good). Solusi guru terhadap anak yang tidak baik akhlak, yaitu dengan guru mengoptimalkan murid ketika dalam proses-proses pembelajaran, mengoptimalkan kegiatan pembiasaan diri yang berwawasan pengembangan nilai akhlak mulia, dan guru menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk tumbuh dan berkembangnya nilai akhlak murid. Akhlak adalah komponen yang sangat penting dan harus ada di dalam diri kita, bahkan sebelum ilmu yang kita miliki dan perdalam akhlak menjadi pondasi utama sebelum ilmu, tetapi ilmu disertai dengan akhlak yang baik akan menjadi suatu hal yang sangat bagus. Dapat disimpulkan bahwasannya penerapan nilai akhlak pada majlis (GMM) gerakan magrib mengaji yaitu dengan cara guru memberikan contoh penerapan akhlak sehari-hari menghormati dan menyayangi orang tua, guru disekolah, orang yang lebih tua dan penerapan nilai akhlak didukung dengan metode-metode pendidikan yang sangat membantu meningkatkan penerapan nilai akhlak yang baik kepada para murid. Selain itu, dibutuhkannya komunikasi yang baik antara guru dan murid agar penerapan niali akhlak melekat pada diri murid. Serta dukungan dari lingkungan keluarga dan di lingkungan sekolah agar memaksimalkan penerapan niali akhlak yang baik kepada murid.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1–26.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

As, A. (1994). Pengantar studi akhlak.

Djamarah, S. B. (2014). Pola asuh orang tua dan komunikasi dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta, 112.

Ismail, I. (2018). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengantisipasi Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. IQRO: Journal of Islamic Education, 1(2), 105–120.

Khotimah, K., & Wahyuningsih, R. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kesibukan Orang Tua dan Kecenderungan Memilih Teman Sebaya dalam Pengembangan Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(2), 166–182.

Lestari, S., Sar’an, & Budiman, F. (2020). PENGARUH LITERASI AKIDAH-AKHLAK DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP AKHLAK SISWA. Jurnal Al-Karim, 107–124. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Lubis, L. H. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Akhlak Siswa Madrasah Ibtidayah. Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains, 4(1).

Malik, M. R. (2016). Upaya – Upaya Penanggualangan akhlak buruk. Mahadaljamiah.Uinjkt.Ac.Id. https://mahadaljamiah.uinjkt.ac.id/?p=959

Nashrullah, N. (2020). 4 Langkah Menanamkan Akhlak ke Anak Menurut Didikan Islam. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/q4ewnu320/4-langkah-menanamkan-akhlak-ke-anak-menurut-didikan-islam

Nawali, A. K. (2018). Hakikat, nilai-nilai dan strategi pembentukan karakter (akhlak) dalam Islam. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 325–346.

Purwaningsih, C., & Syamsudin, A. (2022). Pengaruh perhatian orang tua, budaya sekolah, dan teman sebaya terhadap karakter religius anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2439–2452.

Rahmah, S. (2017). Peran Keluarga dalam Pendidikan Akhlak. Al-Hiwar: Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 4 (6), 14.

Ramdhani, D. A., Nashrullah, E. Y., Rahmah, I. F., Khoerunnisa, S. F., & Nursahandi, Z. (2022). Problematika Guru PAI dalam Mengembangkan Akhlak Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 4601–4608.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).

Setiawan, D., Rahman, A., & Ramadhan, I. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA. Mozaic: Islam Nusantara, 5(1), 73–84.

Tarbiyah, F., & Tadris, D. A. N. (2021). Peran orang tua dalam membina akhlak anak dalam membina akhlak anak di desa padang peri kecamatan semidang alas maras kabupaten seluma.

Tella, I. (2021). Penerapan Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran al-Qur’an Hadist di MTs Nurul Ikhlas. IAIN Ambon.

Ulwan, A. N. (1981). Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam (Cet. 3.). Asy Syifa.

Wahab, N. (2019). Pola Penanaman Nilai-nilai Akhlak terhadap Peserta Didik di MI Muhammmadiyah Kampung Parang Kecamatan nBontonompo Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–6.

Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544

Zaqiah, Q. Y., & Rusdiana, A. (2014). Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Pustaka Setia.