Aturan, Kebiasaan dan Penerapan Adab dan Akhlak dalam Majelis Ilmu Mukti Hanjar
Main Article Content
Abstract
Akhlak adalah “adatul iradah” atau kehendak yang dibiasakan. Artinya kehendak itu apabila seseorang membiasakan sesuatu, maka kebiasaan itulah yang disebut akhlak. Makna kata “kehendak dan kebiasaan “ menunjukkan adanya keinginan manusia dalam melakukan suatu perbuatan secara berulang-ulang sehingga perbuatan tersebut menjadi mudah dilakukan. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif (wawancara) kami menemukan salah satu Majelis ilmu yang sedang menerapkan akhlak di wilayah nya, yaitu di daerah Ciwastra (Bandung) yang bernama Majelis ilmu 'Mukti Hanjar' , bersama dengan pimpinan Majelis Bapak Asep Maulana S.Pd.i M.Ag , beliau menjelaskan berbagai problematika di daerah nya yang sebagian nya sangat jauh dari nilai-nilai akhlak. Dengan selalu di adakan nya Majelis ilmu Mukti Hanjar ini, baik kalangan anak-anak, dewasa, bahkan sampai khusus ada nya pengajian ibu-ibu, Alhamdulillah menghasilkan progres yang baik. Kebiasaan masyarakat di daerah Ciwastra ini menjadi lebih baik dan paham akan nilai-nilai akhlak, walaupun belum seluruhnya di terapkan oleh masyarakat, namun ada nya Majelis ini hari demi hari semakin terwujud nilai-nilai akhlak terutama Akhlakul Karimah dan nilai-nilai Islam yang semoga insyaaAllah dapat terwujud oleh seluruhnya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Lukman, S., Abidin, Y. Z., & Shodiqin, A. (2020). Peranan Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 65–84. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i1.802
Nurfirdaus, N., & Risnawati. (2019). Studi tentang pembentukan kebiasaan dan perilaku sosial siswa (studi kasus di SDN 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46. Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/download/486/339/
Agustin, R. (2022). Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Majelis Taklim Aisyiyah di Desa Rigangan 1 Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur.
Alim, A. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.
An-Nu`aimi. (t.thn.). Ad-Daris Vol. 1.
Jalaluddin. (2003). Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
James H. McMilllan dan Sally Schumacher. (2001). Research in Education: A Conseptual Introduction. New York: Longman.
Kelompok. (2019). Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Islam dan Ukhuwah Islamiyah. Ponorogo: Universitas Muhamadiyah Ponorogo.
Krippenddorff. (1980). Content Analysis An Introduction to Its Methodology. California: Sage Publication Ltd.
Lukman, S., Abidin, Y. Z., & Shodiqin, A. (2019). Peranan Majelis Taklim dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat.
Mahmud. (2001). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Marfuah. (2007). Pembinaan Akhlak Remaja Melalui Majelis Taklim Al-Barkah.
Masturi Ilham dan Asmu`i Taman. (2006). Terj. Min A`lam Salaf karya Syaikh Ahmad Farid. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhyiddin Mas Rida, dkk. (2007). Terj. Kitab Raudhatut-Thalibin. Jakarta: Pustaka Azzam.
Prihantoro, H. A. (2018). Adabul `Alim Wal Muta`allim. Yogyakarta: Diva Press.
Ramayulis. (2011). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Sastra, A. R. (2016). Akhlak Multi Aspek. Tangerang: Cinta Buku Media.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sunarni, N. (2018). "Kontrak Perilaku" Dapat Menanamkan Kebiasaan Baik pada Siswa Kelompok B3 TK Masyitoh Pijenan Bantul Sehingga menjadi Siswan yang Berkarakter Mantab. Jurnal Pendidikan Anak.
Sutrisno, Muhyidin Albarobis. (2012). Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Syah, M. (1997). Psikologi Pendidikan, dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Guru dan Dosen. (2006). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wahyudi, D. (2017). Pengantar Aqidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Lintang Rasi Aksara Book.
Yuliasari, N., M.Thamrin, & Muhammad Ali. (t.thn.). Pembiasaan Perilaku Tertib Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Anak.
Yunus, S. (2017, November 24). Mengkritisi Kompetensi Guru. Diambil kembali dari detiknews: m.detik.com
Zulkifli, & Jamaluddin. (2018). Akhlak Tasawuf Jalan Lurus Mensucikan Diri. Yogyakarta: Kalimedia.