Optimalisasi Kemampuan Dasar Dan Upaya Pengembangannya Pada Anak Usia Dini Di PAUD Darunnisa

Main Article Content

Karimatul Adqonil Mu’minah
Leni Aulia
Muhammad Fauzan Ridho

Abstract

Anak usia dini adalah individu dimana anak mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, dengan karakteritiknya yang khas sehingga diperlukan strategi yang khusus dalam mengarahkan berbagai potensi yang mereka miliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak; mengetahui bagaimana cara mengembangkan kreativitas dari potensi yang dimiliki oleh anak-anak, serta mengetahui pengaruh orang tua dalam mengoptimalkan kemampuan dasar dan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian    yang    digunakan    yaitu    penelitian    kualitatif    deskriptif. Pengumpulan    data    dilakukan    dengan    menggunakan    metode wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi perkembangan anak adalah pola asuh orang tua, sekolah dan lingkungan bermainnya. Adapun cara yang digunakan untuk mengembangkan potensi pada anak usia dini adalah dengan menstimulasi dari kegiatan kelas dengan mengembangkan dari berbagai aspek. Dan orang tua mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam upaya mengoptimalkan kemampuan dasar pada anak. Dapat disimpulkan bahwa optimalisasi kemampuan dasar dan upaya pengembangannya pada anak usia dini sangatlah beragam tergantung dari kemampuan berinovasi dari guru, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Adriany, V. (2006). Optimalisasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Penyuluhan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak. Portal Jurnal.

Feri Faila Sufa, M. H. (2018). Optimalisasi Peran Orangtua dalam Mengembangkan Potensi PAUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Rizki Septiani, S. W. (2016). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun yang Mengikuti dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Keperawatan, 4(2), 114.

Robbiyah, D. E. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi, 2(1), 76.

Undang Burhanudin, D. N. (2020). Membangkitkan Potensi Fitrah Belajar pada Masa Wabah Covid-19 Melalui Pembentukan Mindset Friver. 1.

Zherly Nadia Wandi, F. M. (2020). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi, 4(1).