Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Problematika Akhlak Remaja di Desa Cijawura Hilir

Main Article Content

Khofifah Aulia Mustopa
Khoirunisa Nuwayyar Hidayah
Linda Nurlinasari
Malqan Badsari Subagja

Abstract

Remaja merupakan fase dimana manusia menjalani hidupnya untuk mencari jati dirinya. Remaja merupakan masa transisi dari kanak-kanak menjadi dewasa. Sehingga masa remaja membutuhkan pengawasan dari orang-orang terdekat agar memiliki akhlak yang baik kepada siapapun, sehingga tidak melakukan penyimpangan di masyarakat yang menjadi kasus problematika akhlak remaja. Metode penelitian yang kami gunakan pada artikel ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif adalah memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, Tindakan, secara holistic, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks. Artikel ini berisi penelitian di Desa Cijawura Hilir mengenai problematika akhlak remaja saat ini yang terjadi di daerah tersebut. Didalamnya membahas mengenai seberapa besar pengaruh factor lingkungan, keadaan remaja saat ini di Desa Cijawura Hilir, dan lain sebagainya. Dari penelitian yang sudah kami lakukan dan diskusi dalam artikel ini, dapat disimpulkan bahwa factor lingkungan sangatlah berpengaruh pada akhlak remaja saat ini. Selain dari factor lingkungan, factor dari diri sendiri dan juga keluarga menjadi factor lain yang berpengaruh pada baik buruknya akhlak seorang remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Komar, A. (2019). Problematika Jamaah Jannatul 'Ilmi Ta'lim dalam Pembinaan Akhlak Pemuda di Paradise Mansions Desa Rimbo Panjang Kabupaten Kampar.. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

Laila, W., & Amran, A. (2018). EFEKTIFITAS DAKWAH DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA REMAJA. JURNAL AL-NASHIHAH, 2(02), 102–118.

LAILATUL, M. (2019). PERMASALAHAN PENDIDIKAN MORAL REMAJA DAN SOLUSINYA SERI CERITA APPIK MUALIMATUSALAFIYAH DI SINGOROJO KENDALI.Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Nurdiansyah, D. (n.d.). Upaya memecahkan problematika pemuda dengan akhlaq Isaaalmi.

Putri, Z., Nurunnisaa, E., Firman, V. D., Putri, J. N. I., Fattah, S. R. A., & Rusdi, A. (2021). MENGATASI PERMASALAHAN PENGGULUNGAN KUALITAS AQIDAH DAN MORALITAS MUDA:

WEBSITE HIKMAT ISLAM DALAM PENCARIAN KELENGKAPAN PEMUDA SENDIRI. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1).

YUWONO, P. Y. (2012). PERAN METODE DAKWAH DALAM MENGATASI MASALAH REMAJA DESA PROCOT KECAMATAN SLAW KABUPATEN TEGAL. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Francine., 2022. Pesta Miras di Kelas 9 Siswa SMK Negeri 2 Bitung Dikeluarkan.

https://daerah.sindonews.com/read/901743/193/pesta-miras-di-kelas-9-siswa-smk-negeri-2-bitung-dikeluarkan-1664755855

diakses pada 28 Oktober 2022, pukul 09.5