Penerapan sikap syaja'ah terhadap perilaku siswa yayasan pendidikan luar biasa di Majalengka

Main Article Content

Julia Inayah
Lenkka Annisa Nurseptiani
Marwal Blantara Susety
Muhammad Dura

Abstract

Penulisan artikel ini berawal dari sebuah pandangan yang ingin kami fokuskan terkait permasalahan yang ada pada zaman sekarang. Tingkat kesadaran siswa terhadap sikap syajaah yang minim, sehingga kami berkeinginan untuk membuat penelitian terssebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus Pada penelitian ini peneliti akan berfokus pada sikap dan perilaku  para siswa sekolah luar biasa. Penerapan sikap syaja’ah pada siswa yayasan luar biasa di Majalengka sudah sangat baik, hal ini di dasari karena siswa dan siswi yayasan pendidikan luar biasa tidak terlalu banyak fokus terhadap banyak hal, seperti takut melakukan kesalahan, takut mendapatkan respon yang buruk dari teman – teman dan lainnya. Sehingga sikap syajaah sangat mudah tumbuh  pada masing – masing individu siswa dan siswi di yayasan pendidikan luar biasa ini. Sikap yang di terapkan para pendidiknya juga salah satunya dengan membeikan bimbingan pengembangan diri kepada para siswa. Bimbingan pengembangan ini lebih banyak di terapkan dengan cara melakukan simulasi yang real dalam pembelajaran siswa di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amin, M., & Muttaqin, I. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Ideal di Era Digital. Arfannur, 3(1), 21–30.

Fikri, M. (2019). Pola Wahyu Memandu Ilmu Dalam Penanaman Akidah Akhlak Generasi Milenial. Ris ‚lah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 76–91.

Hermana, J. E., & Husen, M. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MULTIMEDIA PADA MATERI SYAJA’AH KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANDUNG.

Mahmudi, I. (2009). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGEMBANGAN AKHLAK ANAK MELALUI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUNNAJA DI DESA KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG.

Ningsih, S. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hishaam Dan Relevansinya Dengan Materi Akhlak Pada Buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Aliyah (Kajian Kisah Kelahiran Nabi Muhammad Saw Sampai Peristiwa Isra’Dan Mi’raj). IAIN Ponorogo.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.

Sahriansyah, S. (2014). Ibadah dan Akhlak. Iain Antasari Press.

Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, M. H. (n.d.). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School.

Amin, M., & Muttaqin, I. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Ideal di Era Digital. Arfannur, 3(1), 21–30.

Fikri, M. (2019). Pola Wahyu Memandu Ilmu Dalam Penanaman Akidah Akhlak Generasi Milenial. Ris ‚lah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2, Sept), 76–91.

Hermana, J. E., & Husen, M. (n.d.). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MULTIMEDIA PADA MATERI SYAJA’AH KELAS XI DI SMA NEGERI 4 BANDUNG.

Mahmudi, I. (2009). PERSEPSI ORANG TUA TERHADAP PENGEMBANGAN AKHLAK ANAK MELALUI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DARUNNAJA DI DESA KARANGTALUN KALIDAWIR TULUNGAGUNG.

Ningsih, S. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Al-Sirat Al-Nabawiyyah Karya Ibnu Hishaam Dan Relevansinya Dengan Materi Akhlak Pada Buku Lembar Kerja Siswa Madrasah Aliyah (Kajian Kisah Kelahiran Nabi Muhammad Saw Sampai Peristiwa Isra’Dan Mi’raj). IAIN Ponorogo.

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.

Sahriansyah, S. (2014). Ibadah dan Akhlak. Iain Antasari Press.

Suntiah, R., Fikri, M., & Assidiqi, M. H. (n.d.). Perbandingan Akhlak Siswa Berasrama dengan Non Asrama SMA Boarding School.