Implementasi Keadilan Gender di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal Cipadung Bandung

Main Article Content

Labib Muzdad Hudan
Luthfiyah Dzurraiturrohmah Addakhri
Mina Siti Amaliah

Abstract

Kesetaraan gender masih menjadi isu sensitif di lembaga pendidikan Islam, khususnya di pondok pesantren. Terdapat anggapan bahwa dalam tradisi sosialkeagamaan di pesantren subordinasi perempuan masih terjadi. Hal ini menjadi perhatian bagi beberapa pesantren yang ingin menjadikan isu ini sebagai bagian dari aktivitas pesantren, salah satunya adalah Pondok Pesantren Mahasiswa Universal di Malang. Artikel ini bertujuan untuk mengelaborasi perwujudan keadilan gender di pondok tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap para pengurus ponpes dan santri putra dan santri putri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pondok pesantren Sabilurrosyad telah mengimplementasikan nilai-nilai keadilan gender dalam tradisi sosial-keagamaan pesantren. Wujud implementasi tersebut diantaranya adalah memberikan kesempatan kepada santri putri untuk menjadi ketua pondok, santri putri diberikan kebebasan untuk mengaji langsung kepada kyai, serta pengajar putri (ustadzah) diberikan peluang untuk bersama 1 (satu) forum dengan santri putra.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alamsya, A. (2020). Gender dan Aqidah (Analisa Terhadap Pekerja Perempuan di Lantebung Kelurahan Bira Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar). JURNAL SIPAKALEBBI, 4(2), 360-378.

Hasan, M. (2015). Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 23(2), 296-306.

Moleong, Lexi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nasution, A. G. J. (2019). Kesetaraan Gender Tinjauan Pendidikan Islam. Ihya

al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 5(1), 48-53.

Sani, Ridwan Abdullah. 2012. Pendidikan Karakter di Pesantren. Bandung:

Cipta Pustaka Media Perintis.

Utaminingsih, Alifiulahtin. 2017. Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.

Zakiyah, L. F. 2017. Pemikiran Haji abdul Malik Karim Amrullah (Hamka)

Tentang Feminisme Dalam Perspektif Pendidikan Islam.

Mosse, J.C. (2007). Gender & Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.