Analisis Program Fullday dalam Pembentukan Aklakul Mahmudah pada Siswa MTs Sirnamiskin Bandung

Main Article Content

Ismi Aisyatul Fatimah
Muhammad Rasyid Nur
Muhammad Arsal Sinaga
Muhammad Fatih Ar-Rayyan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program full day pada pembinaan siswa Akhlakul Mahmudah MTs Sirnamiskin Bandung dan berbagai faktor yang mempengaruhi pembinaan karakter Akhlakul Mahmudah pada peserta didik di MTs Sirnamiskin Bandung. Rumusan Masalah Bagaimana implementasi program purna waktu dalam pendidikan akhlakul karimah santri MT Sirnamiski Bandung dan berbagai faktor pengembangan pendidikan akhlakul karimah santri MTs Sirnamiskin Bandung. Jenis penelitian penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru MTs Sirnamiskin Bandung dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil diskusi menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan program full day MTs Sirnamiskin Bandung berkembang dengan baik karena dalam proses pelaksanaan kegiatan tersebut melalui metode uswah hasanah, induksi dan pelatihan. Melalui metode ini tumbuh sikap/akhlak yang baik di kalangan peserta didik, ustadz dan staf sekolah.


Kata Kunci:

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fauzi, A. (2020). AKIDAH AKHLAK MTs KELAS VII. In Akidah Akhlak.

MURNIATI, M. (2019). Pengembangan Keberagamaan Siswa Dalam Aspek Akhlak Melalui Metode Keteladanan Di Sd Alam Bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1). https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2948

Nadwa, J. (n.d.). PEMBIASAAN SEBAGAI BASIS PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK REMAJA. 6.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.

SIULMI. (2019). ANALISIS KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI SMPN 5KOTA BENGKULU.

Syukur, A., Islam, U., & Syarif, N. (2020). Akhlak Terpuji dan Implementasinya di Masyarakat. Misykat Al-Anwar Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, 3(2), 143–164. https://doi.org/10.24853/ma.3.

https://www.laduni.id/post/read/69125/pesantren-sirnamiskin-bandung

https://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=madrasah&action=lb` g&nss=121232730021