Keteladanan Kyai Dalam Pembentukan Akhlak Santri di Pesantren Al Wafa

Main Article Content

Ismi Nur Azizah
Izyan Nasrullah Mahdana
Kharisma Pratama Nurhidayat
Muhammad Baasir As Sidiq

Abstract

Dari lembaga pendidikan terutama pesantren mempunyai seorang yang akan menjadi teladan bagi santrinya, seorang itu adalah pimpinan pondok atau biasa dikenal dengan sebutan kyai, pastinya menjadi pemimpin akan menjadi sosok yang dipatuhi dan disegani, hal itu menjadi tanggung jawab seorang kyai untuk membina akhlak santrinya, tidaklah mungkin jika kyai membiarkan santrinya berbuat seenaknya, pastinya akan diarahkan dan diberikan peraturan supaya membentuk pribadi yang lebih baik. Hal itu peneliti mencoba mengobservasi salah satu pesantren disalah satu kabupaten Bandung, yaitu pondok pesantren Al-Wafa yang menjadi objek penelitian, kemudian peneliti mengambil metode penelitian deskripsi berupa observasi dan wawancara supaya data-data yang didapat relevan. Hasil penelitian dari data-data yang sesuai dengan metode diambil, bahwasanya keteladanan kyai menjadi pengaruh besar terhadap santrinya danakhlak yang dimiliki kyai menjadi pondasi terhadap pembentukan karakter serta pembiasaan santri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amin, Samsul Munir. 2022. Ilmu Akhlak. edited by D. Ulmilla. Jakarta: Amzah.

Asep Sulaeman, Asep. 2015. “Peran Keteladanan Kyai Dalam Menerapkan Disiplin Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Arqom Garut.”

Fikri, Miftahul. 2019. “Pola Wahyu Memandu Ilmu Dalam Penanaman Akidah Akhlak Generasi Milenial.” Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6(1):76–91. doi: 10.31943/jurnal_risalah.v6i1.110.

Khon, A. M. 2012. Ulumul Hadis. edited by Lihhiati. Jakarta: Amzah.

Maulana, Abdul Haris, and Siti Maryam Munjiat. 2021. “Keteladanan Kyai Dalam Pembentukan Akhlak Sosial Santri Pondok Pesantren As-Sanusi Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon.” ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal 6(1):103–19.

Rizal, I. M. 2021. Tentang Pendidikan Karakter Dan Religius Dasar Pembentukan Karakter. Bandung: Nusamedia.

Sofiyana, M. S., N. Aswan, B. Munthe, L. A. Wijayanti, R. Jannah, S. Juhara, T. SK, E. A. Laga, and J. A. B. Sinaga. 2022. Metodologi Penelitian Pendidikan. Global Eksekutif Teknologi. 8

Suranto, M. 2020. KH. AHMAD UMAR Sumber Keteladanan Membangun Karakter Beragama,Bermasyarakat, Berbangsa, Dan Bernegara. edited by Suharni. Kelaten: Penerbit Lakeisha.

Wulandari, Fitria. 2022. “Pengaruh Keteladanan Kyai Dan Lingkungan Pesantren Terhadap Pembentukan Karakter Dasa Jiwa Kapribaden Santri Di Pondok Pesantren Mambaul Hikmah Sarpon Ponorogo.”

Yusuf, A. 2021. Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis- Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan - Rajawali Pers. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.