Strategi Pengurus dalam Membina Akhlak dan Meningkatkan Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Cibaduyut Bandung

Main Article Content

Mifta Ghina Dzakiya
Muhammad Deyan Gunawan
Muhammad Fachrur Rozi
Muhammad Fahri Ali Husaeni

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif berdasarkan analisis temuan informasi dengan melakukan wawancara tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Nurul Iman dalam membangun karakter santri, pola kedisiplinan, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengelolaan pondok pesantren agar dapat berjalan dengan baik. mendorong disiplin belajar santri di pondok pesantren Nurul Iman ketika terjun langsung membantu para santri dalam proses pembinaan, pengasuhan dan pendidikan keagamaan. Hal tersebut diharapkan agar peran yang dilakukan oleh pengurus dalam membina akhlak santri dengan menjalankan peran nya dalam Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Iman dengan mengadakan kajian-kaijian intensif keislaman, memberikan suri tauladan, menanamkan sikap yang awalnya terpaksa menjadi biasa dan luar biasa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amin, S. (2021). Pendidikan Akhlak Berbasis Hadits Arba'in An Nawawiyah. Penerbit Adab.

Iffah, F., & Yasni, Y. F. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial. Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38-47.

MURNIATI, M. (2019). Pengembangan keberagamaan siswa dalam aspek akhlak melalui metode keteladanan di sd alam bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 49-58.

MURNIATI, M. (2019). Pengembangan keberagamaan siswa dalam aspek akhlak melalui metode keteladanan di sd alam bandung. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 49-58.

Wahyudi, D. (2017). Pengantar akidah akhlak dan pembelajarannya. Lintang Rasi Aksara Books.

Zain, I. A., & Husen, M. (2019). Dampak Pendidikan Masyarakat Pada Perubahan Akhlak Remaja. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 4(1), 114-118.