Korelasi Konsep Tauhid Uluhiyah dengan Ahlaq Islamiyyah pada Remaja

Main Article Content

Muhammad Tsani Fairussadi
Navisah Nur Najmah
Ninda Aulia Yulianti
Nisa Setia Arum

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman tentang akhlak Islamiyyah yang harus diterapkan pada remaja di era globalisasi saat ini. Era dimana teknologi yang berkembang begitu pesat. Adanya perkembangan teknologi sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat terutama pada diri seorang remaja. Karakter seorang remaja akan terbentuk melalui kebiasaan kesehariannya, kebiasaannya pun akan terbentuk melalui lingkungan kehidupannya. Maka dari itu, kita harus memperkuat iman kepada Allah Swt. Iman kepada Allah adalah rukun iman yang pertama. Rukun iman merupakan pokok-pokok kepercayaan dalam Islam yang harus dikerjakan. Pengertian iman kepada Allah SWT adalah mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT itu ada(wujud). Melalui pembagian literatur akidah,memahami wujud iman kepada Allah SWT dapat dilakukan dengan cara mengimani Rububbiyah Allah SWT, Uluhiyyah Allah SWT, dan Asma wa Sifat Allah SWT. Uluhiyyah pada permasalahan ini akan menonjol peranannya. Tauhid uluhiyah adalah mengesakan Allah dengan perbuatan para hamba-Nya berdasarkan niat taqarub seperti, berdoa, tawakal, pengharapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ade Suprihat , Nurhasan.TAFSIR AYAT TENTANG SIYASAH ( QS. ALI-IMRAN : 159 ) DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan Agama Islam At-Tarbiyah: Vol. 1 No. 2 (2019)

Afandi, Syahrizal. 2019. Kajian Hadits Jibril dalam Persepektif Pendidikan (Kajian

Materi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran), Jurnal Penelitian KeIslaman, Vol. 15

Anhar(2019).Tauhid Ulihiyyah.Jurnal Kajiasn A-Qur’an & Tafsir, Vol.4 No.2.Hal: 82-86.

Aniqoh Ahmad Abdurrahim, Sri Astuti Nugroho.Strategi pembelajaran guru pada blended learning mapel al-qur’an hadist siswa kelas xi di man purworejo , Al Ghazali: Vol 4 No 2 (2021): Juli - Desember 2021.

Ckalimah, Siti Nur (2021) NILAI-NILAI RUBUBIAH, ULUHIYYAH DAN ASMA WA SIFAT TAUHID DALAM KITAB AL–JAWAHIRU AL KALAMIYAH

KARYA SYAIKH TAHIR BIN SALIH AL-JAZAIRY DAN RELEVANSINYA

Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Darajat,Muhammad (2021).Niali-Nilai tauhid dalam Ayat Kursi dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam suatu tinjauan Teoritik).Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), Vol.2 No.1. Hal:8-10.

Efendi,Arif dan Rudi Hariyono (2019).Analisa Pendidikan Agama Islam pada Surat Ali Imron.Jurnal Ilmu Pendidikan,Vol.17 No.2.Hal:133-135.

Fajri A(2022). Pembinaan Keagaman juga kurang kosmunikasi.repositSiry.uin.

Febriyeni,Marisa Deza, Ngimadudin,at.al.Analisis Pendidkan Tauhid dalam Perspektif Pemikiran Muhammad Bin Abdul Wahhab Dan relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer.Jurnal El-Ghiroh,Vol.19 No.2.Hal:74-93.

Ibrahim,Jumadi,Nur Hidayat,et.al (2022).Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid dalam Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail (Studi Analisis Ash Shaffta Ayat 99-107 dalam Tafsir Ibnui Katsir).Jurnal Pendidikan,Vol.6,No.1.Hal:822-825.

Irawati,Dini, Ahmad Nurwadjah,et.al (2022).Penanaman Nilai-Niali Tauhidullah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,Vol.5 No.7.Hal;2208-2211.

Karim,Pangulu Abdu (2017).Fungsi Aqidah dan Sebab-sebab Penyimpangan Dalam Aqidah.Jurnal Nizhamiyah,Vol.7 No.1

Kamakaula,Jaitun (2021).Nilai-Nilai Pendidikan Dari QS. Al-Fatihah: 5 terhadap

Proses Pendidikan Tauhid Uluhiyyah.Prosiding Sivitas Akademik Tauhid.hal:43-36.

Khirzani, N., Effendi,et.al. (2019). Bimbingan Agama dalam Meningkatkan Pemahaman Ketauhidan Remaja. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam, 7 (3), 331-350.

Nihayati (2017).Integrasi Nilai-Nilai Islam dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Sal-Qur’an).Jurnal Edumath,Vol.3 No.1.Hal:65-75.

Rahman, Ulfiani. (2021). Pengamalan Nilai Tauhid Uluhiyah dalam Ibadah Salat pada

Remaja. Sipakalebbi: Pusat Studi Gender dan Anak UIN Alauddin Malang,

(1), 1-17.

Ruhiyat,Abun Bunyamin (2018).Penanaman Nilai Uluhiyah melalui permainan Ciblak-Cuiblak Suweng di kalangan naka Pra Remaja.Jurnal Pesantren dan Madrasah,Vol.1 No.2.

Sumiharti dan Eki Yuniarti (2021).Nilai Tauhid pada Tokoh Ayyas Dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy.Jurnal Ilmiah Pendidikan Bhasa dan Sastra Indoensia, Vol.5 No.1. Hal:121-123.

Sutisna,Muhammad, Unang Wahidin,at.el (2021).Peran Mudarris Dalam Membina Tauhid santri Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Wahdah Islamiyah Cibinong Kabupaten Bogor tahun Ajaran 2019/2020.Jurnal Stai Al huidayah Bogor, Vol.3 No.2.

Zainal, K., Basir, Ahmad A,et.al. (2014). Pembentukan Tingkah Laku Remaja

Menurut Barat dan Islam. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 3, 19-32.