Pentingnya Penanaman Pendidikan Tauhid pada Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Anak terlahir dalam keadaan fitrah, seperti kertas putih kosong yang dapat dengan mudah dicoret tinta warna apapun dan digambar dengan bentuk apapun, sehingga orang tua dapat dengan mudah melukisnya menggunakan corak dan warna yang dia inginkan. Orang tua memiliki kehendak secara penuh terhadap anaknya tanpa adanya campur tangan dari pihak lain. Tulisan ini disebut dengan penelitian pustaka (library research) yang menyajikan bahan pustaka sebagai sumber data. Hasil tulisan ini menyimpulkan bahwa pendidikan tauhid sangat penting dalam esensi kehidupan yang dimulai dari sedini mungkin. Orang tua wajib menanamkan pendidikan tauhid agar anak memperoleh aqidah yang benar dan tidak tergoyahkan dalam pemahaman ketuhan, bagi seorang guru disekolah terutama guru agama wajib menanamkan pendidikan tauhid kepada anak didik untuk mencapai misi mendapatkan bimbingan dan perlindungan dari Allah SWT sehingga dapat menjadi manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Abdul Mujib. Fitrah dan Kepribadian Islam: sebuah Pendekatan Psikologis. 1999. Jakarta: Darul Falah.
Amir Mahrudin. Akidah Islamiah. 2022. Bogor: Arabasta Media.
Ayu Permatasari. Konsep Pendidikan Tauhid Bagi Anak Dalam Buku Segenggam Iman Anak Kita Karya Mohammad Fauzil Adhim. 2016.
Dedeh Hamidah. Pendidikan Islam Berbasis Nilai Tauhid. 2021. Ciamis.
Diajeng Aulia dan Fatika Mujahidah. Pengembangan Tauhid Anak Usia Dini di Era Digital. 2021. Jember.
Ibnu Khaldun. Muqoddimah Terj. Ahmadie Thoha. 2016. Jakarta: Pustaka Firdaus Ngatiman.
Junita Maulidina, Nur Aini, Riskiyanti, dan Sri Wahyuni. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran AUD Berbasis Tauhid. 2020. Madura.
La Adi. Pendidikan keluarga dalam Perspektif Islam. 2022.
Laila Wardati, OK. M. Daniel Syahindra, dan Leni Masnidar Nasution. Pembelajaran Tauhid Pada Anak Usia Dini. 2019.
Rahmad Fauzi Lubis. Menanamkan Aqidah Dan Tauhid Kepada Anak Usia Dini. 2019. Pekanbaru.
Saiful Falah. Parents Power: Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan Keluarga. 2014. Jakarta: Republika Penerbit.
Mega Febriani Sya. Menumbuhkan Minat Baca dan Belajar Anak Melalui Teras Ilmu: Berbasis Pendidikan Karakter Tauhid. 2020.
M. Hasbi. Konsep Tauhid sebagai Problematika Pendidikan Agama bagi Siswa Madrasah. 2009.
Nurcholish Mulya Madjid. 2005. Islam Doktrin & Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemordenan. Jakarta: Paramadina.
Ria Astuti dan Erni Munastiwi. Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid. 2018. Yogyakarta.
Shalaih bin Fauzan bin Abdullah al-Fauzan. Kitab Tauhid juz I. Tar. Agus Hasan Bashori. 2009. Jakarta: Darul Haq.
Siti Shofiyah, Mochamad Daffa Akmal, Muhammad Chairul Banin, Ade Sukmawati, dan Suci Khoerunisa. Peran Ayah dalam Pendidikan Tauhid. 2021.
Suyadi dan Maulidya Ulfah. Konsep Dasar PAUD. 2012. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah Ismail Syahid. Menjadi Mukmin Sejati. 2001. Yogyakarta: Mitra Pustaka.
Uyu Wahyudin dan Mubiar Agustin. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. 2011. Bandung : PT.Radika Aditama.
Zamirah Mabarroh El Haque. Strategi penanaman nilai nilai ketauhidan pada anak usia dini di lingkungan keluarga. 2022. Malang.
Zulkhairina dan Muhammad Afandi. Pendidikan Anak Usia Dini. 2014. Jakarta: Kencana Remedika Group.