Fitrah Ketuhanan Perspektif Islam dan Realitasnya di Masa Kini

Main Article Content

Rifqi Maulana Ihsan
Salwa Nurul
Panji Putra
Ririe Mutghaida

Abstract

Kepercayaan adanya Tuhan adalah dasar utama dalam paham keagamaan. Ketika seseorang mulai menyadari eksistensi dirinya, maka timbullah tanda tanya dalam hatinya tentang berbagai hal. Dalam hatinya yang dalam memancar kecenderungan untuk tahu berbagai rahasia yang merupakan bentuk misteri yang terselubung. Manusia dalam realitanya ternyata telah memiliki potensi atau fitrah sejak dilahirkan bahkan jauh ketika di alam ruh pun nyatanya manusia telah diberita fitrah atau potensi oleh Allah swt.Diantara potensi atau fitrah manusia yang telah Allah swt karuniakan yakni Fitrah Ketuhanan atau Fitrah dalam Beragama.Manusia telah memiliki potensi ini sejak lahir bahkan jauh Ketika ia berada di alam ruh.Tetapi pada realitasnya banyak fenomena – fenomena yang terjadi di masa kini tentang penyimpangan penyimpangan seseorang dari potensi asalnya itu,baik itu tidak percaya terhadap Tuhan ataupun salah dalam berakidah dan berkeyakinan yang lurus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alam, L., Lukis, O. :, Dosen, A., Agama, P., Sttnas, I., Mahasiswa, Y., Doktor, P., Islam, K., Sunan, U., & Yogyakarta, K. (t.t.). PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM MENGENAI FITRAH MANUSIA.

Burhanudin, U., Nurulhaq, D., Nandang, A., & Fikri, M. (t.t.). Membangkitkan Potensi Fitrah Belajar pada Masa Wabah Covid-19 Melalui Pembentukan Mindset Driver.

Cahaya Kesuma, G. W. (t.t.). KONSEP FITRAH MANUSIA PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM.

Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2016a). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam Saryono Program Pascasarjana. Dalam Jurnal Studi Islam (Vol. 14, Issue 2).

Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2016b). Konsep Fitrah dalam Perspektif Islam Saryono Program Pascasarjana. Dalam Jurnal Studi Islam (Vol. 14, Issue 2).

Muhtar Arifin Sholeh, M. (2018). POLA PENYIMPANGAN MUSLIM TERHADAP AJARAN AGAMANYA ( Perspektif Pendidikan Islam) (Vol. 1).

Nurulhaq, D., Anwar, C., Fikri, M., & Tri, F. (2022). Prosiding The Annual Conference on Islamic Religious Education Fitrah Gharizah pada Aktivitas Masyarakat. 2.

Rahayu, M., Pertiwi, T. K., & Yogyakarta, B. (2016). KONSEP FITRAH MANUSIA DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIADINI. 7, 1–12.

Mahrudin Amir, 2022. AKIDAH ISLAMIAH DASAR DASAR ILMU TAUHID.Bogor.ARABASTA MEDIA

http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/46

http://bumipanritakitta.blogspot.com/2013/01/hadis-nabi-tentang-fitrah-dan.html

https://tafsirweb.com/2626-surat-al-araf-ayat-172.html

http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied|91

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/medinate