Mengukur Tingkat Keyakinan Umat Muslim Terhadap Neraka

Main Article Content

Ranti Aminatul Hikmah
Raziat Atiani Mula’Azzuarni
Rozita Aufa Irdina
Dwi Fikry Al-Ghifary

Abstract

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menyelesaikan tugas ujian akhir semester ganjil mata kuliah ilmu tauhid. Dari segi materi, artikel ini bertujuan untuk mengetahui seberapa yakinnya umat muslim terhadap keberadaan dan siksaan neraka yang Allah ciptakan, serta kiat-kiat yang perlu dilakukan supaya terhindar dari siksaan tersebut. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menyatakan bahwasanya para responden meyakini akan keberadaan neraka dan siksaan yang terdapat didalamnya, dengan adanya bukti yang tertera jelas dalam al-Qur’an dan hadits. Salah satu cara yang dapat mereka lakukan agar terhindar dari siksa neraka adalah dengan memperbanyak amal sholeh dan sering bertaubat kepada Allah swt. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa responden meyakini adanya neraka, siksaan, karena adanya dalil-dalil yang nyata. Tentunya mereka juga mengetahui apa yang harus dilakukan semasa hidupnya di dunia agar terhindar dari siksa Allah yang sangat pedih di dalam neraka. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Fuji Astuti, Novi. “Nama Neraka dan Kriteria Calon Penghuninya, Wajib Diketahui.” penjelasannya-kln.html?page=3, diakses pada 27 Desember 2022.

Hamzah, Amir. (2014). Konsep Neraka Dalam al-Qur’an. Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 06, 15.

Ilyas, Deddy. (2013). Antara Surga dan Neraka : Menanti Kehidupan nan Kekal Bermula., 163-174.

Kharir, Agus., & Umrana. (2022). Polemik Semua Orang Mendatangi Neraka Dalam Perspektif Imam al-Tabari. Kajian Ilmu dan Pengetahuan Budaya al-Qur’an, 22, 154-171.

Muhammad Yudi Ashari. 2013. Konsep Kekekalan Surga dan Neraka dalam al-Qur’an.

Unknown. “Cara Meyakinkan Adanya Surga dan Neraka.”http://gaketa.blogspot.com/2012/06/cara-meyakinkan-adanya-surga-dan neraka.html?m=1, diakses pada 27 Desember 2022.

Yayasan Multimedia Nusantara & Xeratic. 2021. “Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian.” https://www.dqlab.id/metode-pengumpulan-data-dalam-penelitian,

Batubara, Husein Hamdan. (2016). “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen Di Prodi UNISKA Muhammad Arsyad al-Banjari.” Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8, 40-50.

Mujahidin, Saekul Muhammad. (2021). “Surga dan Neraka: Kekekalan Umat Manusia di Akhirat Dalam Perspektif al-Qur’an.” Jurnal Studi Islam, 13, 1-188.

https://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/2015, 27 Desember.

https://m.merdeka.com/jabar/nama-neraka-yang-wajib-diketahui-berikut-