Hubungan Hati, Akal, dan Nafsu Manusia

Main Article Content

Peni Suparoh
Rifa A Nurazizah
Risa Seniawati
Salsabila Dea Noorqolbiyah

Abstract

Dalam pembahasan di artikel ini kami membahas tentang hati, akal, dan nafsu manusia termasuk hubungan diantara ketiganya berdasarkan penjelasan para ahli. Dalam artikel ini juga keterikatan ketiganya dikaitkan dengan menyajikan suatu kasus yang berhubungan. Kasus yang akan disajikan adalah tentang bom bunuh diri di Medan yang bertujuan membunuh suatu kelompok atau organisasi dengan dasar agar mati syahid, lebih jauh dalam artikel ini dikupas alasan mengapa bom bunuh diri bukan termasuk kategori mati syahid. Tujuan dalam artikel ini agar seluruh manusia mengetahui keterkaitan hati, akal dan nafsu pada manusia, selain itu bisa juga untuk dijadikan bahan acuan dalam mempelajari Ilmu Tauhid dengan pembahasan yang


berkaitan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdillah, M. (2019, Juli). Nafsu dan Id dalam Perspektif Barat dan Islam. Jurnal Psikologi Terapan, Vol. 2 No. 1, 10-13.

Agus Yosep Abduloh, H. A. (2020). Pendidikan Hati Menurut Al-Ghazali. jurnal Tawadhu, Vol. 4 No. 2, 1209-1227.

Al-Ghazali, K. H. (2016, Januari). Muhammad Hlmi Jalil, Zakaria Stapa, Raudhah Abu Samah. jurnal Reflektika, Vol. 11 No. 11, 59-71.

Amin, M. (2018, Januari-Juni ). Kedudukan Akal dalam Islam. jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3 No. 1, 80-92.

Ammar, A. A. (2019). Pelaku Bom Bunuh Diri Ditinjau Dari Hati Nurani Sesat dan Prinsip Teleologis.

Arif, S. (2015, Desember ). Manusia dan Agama. Islamuna, Vol. 2 No. 2, 150-166.

Bariroh, M. (2019, April). Implementasi Manajemen Hati Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Mayangkara Group. jurnal Ekonomi Syari'ah, Vol. 5 No. 2, 3-21.

Cholik, A. A. (2015, September). Relasi Akal dan Hati Menurut al-Ghazali. jurnal Kalimah, Vol. 13 No. 2, 288-310.

Husnaini, R. (n.d.). Hati, Diri dan Jiwa (Ruh). Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam.

Kahar. (2016). Fitrah Manusia. jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, Vol. 8 No. 2.

Muhammad Hilmi Jalil, Z. S. (2016, Januari). Konsep Hati Menurut Al-Ghazali. jurnal Reflektika, Vol. 11 No. 11, 59-71.

Muliani, N. (2021). Hubungan Akal dan Hati dalam Al-Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 179.

Nasikin, M. (2021, Desember). Hati dalam Perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Mushaf Jurnal, Vol. 1 No. 1, 62-73.

Nurul Hidayah Wahab, A. A. (2017, Januari). Analisis Elemen-Elemen Nfasu dalam Teori Psikoanalisis Sigmund Freud dan Kitab Penawar Bagi Hati Al-Mandili. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, Vol. 14, 51-66.

Rahmatiah, S. (2015, Desember). Konsep Manusia Menurut Islam. Al-Irsyad Al-Nafs, jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 2 No. 1, 93-115.

Rokim. (2018, Desember). Strategi Hubungan Pendidikan, Akal, Hati dan Jasmani dalam Perspektif Hamka. jurnal Studi Islam, Vo. 13 No.2, 57-65.

Roni Faslah, M. H. (2016, Juli-September). Nalar Kritis terhadap Konsep Nafsu Al-Ghazali. al turats Jurnal Studi Keislaman, Vol. 3 No. 2, 175-187.

Ryandi. (2014, Maret). Konsep Hati Menurut al-Hakim al-Tirmidzi. jurnal Kalimah, Vol. 12 No. 1, 110-122.

S, S. (2018, Desember). Posisi Akal dan Nafsu dalam Islam serta Peranannya dalam Pendidikan Islam Berdasarkan Surat Ali-Imran Ayat 190-191 dan Surat Shad Ayat 26. jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10 No. 2, 87-110.

Thalib, M. D. (2016, September). Akal dan Wahyu Perbuatan Manusia. istiqra', Vol. 4 No. 1, 93-99.

Zein, A. (2017, Desember). Tafsir Al-Qur'an Tentang Akal. jurnal at-tibyan, Vol. 2 No. 2, 234-244.