Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaian Soal Bangun Datar Berdasarkan Watson’s Error Category

Main Article Content

Nafisatul Nafisatul
Khairiyah Khairiyah
Desty Septianawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas bangun datar berdasarkan Watson Error Category, dengan diketahui kesalahan siswa dalam mengerjakan soal bangun datar maka dapat ditentukan solusi. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini siswa sekolah dasar yang telah mendapatkan materi bangun datar berjumlah 6 orang siswa. Pengumpulan dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa dan instrumen tes yang diberikan berupa 3 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kesalahan-kesalahan yang dilkukan oleh subjek penelitian adalah kesimpulan hilang (ommited conclusion/OC), data tidak tepat (inappropriate data/ID), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/IP), data hilang (omitted data/OD), konflik level respon (response level conflic/RLC), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/UM), dan selain ketujuh kriteria diatas (above other/AO).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1143-1154.

Ariyani, W. (2019). Analisis Kesalahan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Journal of Matehematical Science and Mathematical Education, 01(01), 55–64. https://www.syekhnurjalti.alc.id/jurnall/index.php/pmalt/alrticle/view/5067

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Daam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 12.

https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691

Elizabeth, Angelina Christofania. 2016. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Geometri Ruang pada Siswa Kelas X SMA Marsudirini Muntilan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27–35.

https://doi.org/10.15294/krealno.v11i1.20726

Firmawati, Ita. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kab. Semarang dalam Menyelesaikan Soal Mencari Luas Permukaan Prisma.

Khodijah, Atina Sabila, dkk. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kelas IX. Prosiding Seminar Nasiona Pendidikan Matematika (SNPM), Vol. 2, 124

Maharani, Anggita. (2017). Analisis Pengembangan Soal Tes Evaluasi Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif untuk Siswa SMK pada Materi Geometri. Jurnal Aksioma.Vol.6 (3), 350.

Majid, R. A., & Abadi, A. P., (2019). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Prosiding Pendidikan Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2018). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar matematika (MTK) siswa sekolah dasar. Sereal Untuk, 51(1), 51.

Safrina, Khusnul dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah

Geometri melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele. Jurnal

Didaktik Matematika. Vol. 1 (1), 10.

Sanwidi, A. (2018). Analisisi Kesalahan Mahasiswa Matematika Unu Blitar Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(1), 128. https://doi.org/10.28926/brilialnt.v3i1.138

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.