Kajian Hadis Tematik tentang Larangan Hasad

Main Article Content

Annisaa Siti Zuadah

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengkaji hasad dalam perspektif hadis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan analisis isi dan studi kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini adalah pola pikir materialistis yang hanya menghargai kekayaan dan kemewahan semata, telah banyak merusak hati manusia. Orang yang hasad menjadi marah dan benci terhadap apa yang telah dicapai orang lain dan menginginkan apa yang telah mereka peroleh hilang dan menjadi miliknya. Penulis melakukan penelusuran menggunakan software hadis, kemudian ditemukan hadis tentang hasad pada riwayat Muslim No. 4642, Bukhari No. 6608, Bukhari No. 5299, dan Ibnu Majah No. 4200. Semua sanadnya bersambung (muttasil) kepada Rasulullah Saw dan status hadisnya dapat dinilai shahih dari jalur periwayatan, sehingga hadis tersebut bersifat maqbul dan dapat dijadikan sebagai hujjah pengamalan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Annisaa Siti Zuadah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Hadis, Fakultas Ushuluddin

References

al-Asqalani, I. H. (1379). Fathul Bari. Beirut: Dar Al-Ma’rifah.

Al-Ghazali, A. H. (2021). Bahaya Marah, Dendam, dan Dengki serta Tercelanya Takbbur dan Ujub: Seri Ringkasan Ihya' Ulumuddin. Yogyakarta: Hikam Pustaka.

al-Ghazali, A.-I. (2012). Ihya Ulumuddin. Terj. Ibnu Ibrahim Ba'adillah, Ihya Ulumuiddin, jilid 5. Jakarta: Republika Penerbit.

al-Nawawi, A. Z. (2000). Syarh al-Nawawi ‘ala Muslim. Riyad: Bait al-Ifkar al-Dauliyyah.

Anwar, R. (2008). Akidah Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Azqia, L. (2021, Agustus). Penyakit Ain dalam Perspektif Islam: Studi Takhrij dan Syarah Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(2), 402.

Darmalaksana, W. (2018). Paradigma Pemikiran Hadis. JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 6, 95-106.

Darmalaksana, W. (2020, September). Penelitian Hadis Metode Syarah Pendekatan Kontemporer: Sebuah Panduan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 5 (1), 58-68.

Fauzi, Y., & Siti Latifah. (2020). Virus Amal Shaleh. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.

Fauziah, D. N. (2020). Hasad dalam Perspektif Ulama (Tinjauan Islam Tentang Hasad, Penyebab, dan Penawarnya). Hawari: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 1, 11-21.

Ilallah, A.-F., & Muhammad Abdul Tuasikal. (Juli, 2020 Rabu). Sebab Hasad (Dengki) dan Cara Menghadapi Orang yang Hasad. Retrieved Juli Minggu, 2023, from Rumaysho.com: Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat: https://rumaysho.com/25375-sebab-hasad-dengki-dan-cara-menghadapi-orang-yang-hasad.html

Intera, T. R. (2021). Hati-Hati dengan Rasa Dengki. Bogor: CV. Intera: Paperless Publishing.

M. Abdul Mujieb, d. (2009). Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali. Bandung: PT Mizan Publika.

Mahfud, I. (2012). Kamus bin Mahfud: Kamus Arab Indonesia.

Mohamed, S. N., & Ahmad Najib Abdullah. (2017, Juni). Hasad dan Takabbur Menurut Perspektif Hamka. Al-Basirah Journal, 7(1), 71-90.

Nuun, T. P. (2012). Hadist Arba'in Nawawiyah Terj. Syaikh Imam Nawawi. Semarang: Pustaka Nuun, Cetakan Pertama.

Simanjuntak, F. S. (2019). Penerapan Model Jigsaw Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Dengan Materi Riya dan Dengki di Kelas X-1 MAN Sibolga. Padangsidimpuan: IAIN Padangsidimpuan, 35.

Soetari, E. (1994). Ilmu Hadits. Amal Bakti Press.

Soetari, E. (2005). Ilmu Hadits: Kajian Riwayah dan Dirayah . Bandung: Mimbar Pustaka.

Soetari, E. (2015). Syarah dan Kritik Hadis dengan Metode Tahrij: Teori dan Aplikasi. Yayasan Amal Bakti Gombong Layang.

Tekhnologi, S. (2015, Juli). Ensiklopedia Hadits 9 Imam.

Tuasikal, A.-F. I. (n.d.). Sebab Hasad (Dengki) dan Cara Menghadapi Orang yang Hasad. Retrieved Desember 21, 2021, from https://rumaysho.com/25375-sebab-hasad-dengki-dan-cara-menghadapi-orang-yang-hasad.html