KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE AUGMENTED REALITY (MAR)
Main Article Content
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah adalah salah satu aspek yang harus dikuasai siswa pada abad ke 21 ini, namun keterampilan pemecahan masalah siswa masih relatif rendah. Siswa kesulitan dalam menerapkan konsep pada permasalahan yang dijumpai. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu Mobile Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Mobile Augmented Reality terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest sebesar 44,7 dan posttest sebesar 65,7 dengan nilai N-Gain sebesar 0,38 termasuk dalam kategori sedang. Data hasil uji hipotesis diperoleh nilai Sig. 0,023 < 0,05 artinya H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan Mobile Augmented Reality terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pernapasan manusia.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Amalia, D., Rahmadayanti, A., Suprianto, B., & Riandi, R. (2022). Potensial Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Biologi Abad 21 : Literatur Artikel Dan Desain Inovasi Media. Biology Education Science & Technology Journal, 5(2): 43-48.
Aryani, P., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality Pada Peserta Didik Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Ipa. Unnes Physics Education Journal, 8(2): 90-101.
Astuti, F. N., Suranto, S., & Masykuri, M. (2019). Augmented Reality For Teaching Science: Students’ Problem Solving Skill, Motivation, And Learning Outcomes. Jpbi (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(2): 305-312.
Bahri, A., Putriana, D., & Idris, I. (2018). Peran Pbl Dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Biologi. Jurnal Sainsmat, 7(2): 114-124.
Dito, S., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2): 59-65.
Elvianasti, M., Kharisma, N., Irdalisa, & Yarza, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Sains Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 8(1) : 7.
Estheriani, N., & Muhid, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Berpikir Siswa Di Era Industri 4.0 Melalui Perangkat Pembelajaran Dengan Media Augmented Reality. Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2): 118-129.
Guntur, M., Setyaningrum, W., Retnawati, H., & Marsigit. (2020). Can Augmented Reality Improve Problem-Solving And Spatial Skill. Journal Of Physics: Conference Series, 1581: 1-8.
Hanifa, N., Akbar, B., & Abdullah, S. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X Ipa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2): 121-128.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Penguatan Peran Lembaga Paud Untuk The Programme For International Student Assessment (Pisa). Jurnal Tunas Siliwangi, 6(2): 63-70.
Ihsan, M., Saadah, S., & Maspupah, M. (2022). The Development Of Learning Media Based Markerless Augmented Reality (Ar) In Cell Organelle Sub Concept. Aip Conference Proceedings, 2468.
Ionita, F., & Simatupang, H. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan. Jurnal Biolokus, 3(1): 245-251.
Kamaruddin, R., & Thahir, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2): 24– 35.
Kurniawan, M., Suharjito, Diana, & Witjaksono, G. (2018). Human Anatomy Learning Systems Using Augmented Reality Mobile Application. Procedia Computer Science, 135: 80-88.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2): 174-183.
Omurtak, E., & Zeybek, G. (2022). The Effect Of Augmented Reality Applications In Biology Lesson On Academic Achievement And Motivation. Journal Of Education In Science, Environment And Health, 8(1): 55-74.
Palennari, M., Lasmi, & Rachmawaty. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus Di Sma Negeri 1 Wonomulyo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2): 208-216.
Palennari, M., Rachmawaty, & Rahmawati. (2022). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sma Negeri 1 Tinambung Pada Materi Pelajaran Biologi. Jurnal Sainsmat, Xi(1): 78-85.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: Cv Pustaka Setia.
Putra, A., Sumarni, Sahrina, A., Fajrilia, A., & M, I. (2021). Effect Of Mobile Augmented Reality (Mar) In Digital Encyclopedia On The Complex Problem Solving And Attitudes Of Undergraduated Student. International Journal Of Emerging Technologies In Learning (Ijet), 16(07): 119-134.
Qumillaila, Q., Susanti, B. H., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36: 57- 69.
Supiyati, H., Hidayati, Y., Rosidi, I., & Wulandari, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Natural Science Education Research, 2(1): 59-67.
Wulandari, R., Widodo, A., & Diana. (2020). Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Untuk Memfasilitasi Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 11 (2): 59-69.
Yoon, S., Anderson, E., Lin, J., & Elinivch, K. (2017). How Augmented Reality Enables Conceptual Understanding Of Challenging Science Content. Educational Technology & Society, 20(1): 156- 168.
Yudhanegara, K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Pt Revika Aditama.