KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL DLPS BERBANTU MEDIA NEARPOD

Main Article Content

Sophia Dewi Az-zahra
Sri Hartati
Astri Yuliawati

Abstract

Pembelajaran di abad 21 siswa dihadapkan pada masalah-masalah yang terstruktur serta konsep-konsep abstraksi yang cukup tinggi sehingga dibutuhkan suatu keterampilan dalam berpikir salah satunya keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran biologi adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu alternatif yang dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis adalah dengan model Double Loop Problem Solving (DLPS) berbantu media nearpod. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS)  berbantu media nearpod. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling di salah satu SMA Kota Bandung. Sampel penelitian yang dipilih sebanyak 35 siswa kelas X MIPA 2. Jenis penelitian ini, yaitu pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil pretest dan posttest yang disusun berlandaskan indikator berpikir kritis sebanyak 10 soal uraian. Berdasarkan hasil uji n-gain menunjukkan adanya peningkatan sebesar 0,551 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Double Loop Problem Solving (DLPS) berbantu media nearpod pada materi perubahan lingkungan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dan memiliki pengaruh yang positif pada keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arum, W. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving dan Problem Posing pada Materi Fluida. Jurnal Teknika STTKD, 4(2).

Desmita. (2013). Piskologi Perkembangan Peserta Didik (Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ennis, R. (2011). The Nature of Critical Thinking. An Outline of Critical Thinking Dispositions.

Faradisa, F. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Nearpod Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V di MIN 1 Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fujika, A., & Evita, A. (2015). Analisis Kemampuan Beprikir Kritis Siswa SMAN 5 Jambi Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Konsep Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIODIK, 1(1), 1-10.

Gading, S., Mahmud, H., & Ragil, I. (2016). Penerapan Model Pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengaruh Perubahan Lingkungan. Jurnal FKIP UNS, 4(10), 2.

Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model dan Pendekatan Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: CV Lintas Nalar.

Hamidah. (2018). Higher Order Thinking Skill (Seni melatih kemampuan tingkat tinggi). . Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Hayudiyani, M. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X TKJ Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Jenis Kelamin Siswa Di SMKN 1 Kamal. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 20-27.

Huda, M. (2014). Model-model Pembelajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huda, M. (2015). Model-Mode Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indriani, I. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Termodinamika (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Noor, J. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Mureka.

Nurhamidah, D. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 80-90.

P, D., Fatmala, R., & Astuti, B. (2016). Penerapan Model Double Loop Problem Solving Menggunakan Detektor Geiger Muller untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1388-1395.

Permata, S. A., Sunarno, W., & Harlita. (2021). Studi Literatur Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 108-116.

Raharyu, S. T., & Kholilah, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 59-72.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahyudi, Verawati, Ayub, & Prayogi. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Proses Kreatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpiir Kritis Calon uru Fisika. Jurnal Fisika, 1-6.

Wijaya, D. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.