STAD SEBUAH MODEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
Main Article Content
Abstract
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi. Keterampilan berpikir kritis dapat membangun sikap rasional siswa sehingga dapat memilih setiap informasi yang masuk dan dapat diterima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Student Team Achievement Division berbantu misteri box terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Indikator KBKr yang digunakan yaitu klarifikasi dasar, pengambilan keputusan, inferensi, klarifikasi lanjut, dan menyusun strateri. Metode penelitian ini yaitu quasi experimental. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dan variabel terikatnya yaitu keterampilan berpikir kritis siswa Teknik pengumpulan data melalui tes yang berbentuk uraian terbatas dengan jumlah 15 soal. Analisis data hasil keterampilan berpikir kritis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan mann whitney u test yang dibantu dengan program SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model STAD dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, yang dapat dilihat dari hasil uji N-gain pada kelas eksperimen yang lebih besar yaitu 56,3%. Hal ini menunjukan model STAD dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Selain itu, penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division berbantu mistery box terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Hal ini dapat terlihat pada hasil uji mann whitney yang memperoleh signifikan 0,002 < 0,05. Pada uji Ngain diperoleh nilai sebesar 56,3%. Hal ini menunjukan model STAD dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Agustiawan, E., Werdhiana, I. K., & Jarnawi, M. (2021). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menafsirkan Grafik Proses Termodinamika. Jurnal Kreatif Online, 9(3): 131-136.
Anggraeni , Y., Nurhasanah, E., & Mubarika, M. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperative Tipe STAD Berbasis Proyek untuk Meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education, 10(2): 36-50.
Ariyana, Y. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Creswell, J. W. (2017). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ermin, & Marsaoly, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Multietnis di SMP Negeri Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8): 486-494.
Esminarto, Sukowati, Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. jurnal Riset dan Konseptual, Vol 1(1): 16-23.
Firdaus, A., Nisa, L. C., & Nadhifah. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir . Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1): 68-77.
Hamdani, M., Prayitno, B., & Karyanto. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Biology Education Conference, 16(1): 139-145.
Huda, M., Purnomo, E., & Anggraini, D. (2021). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Materi dan Soal Pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Terbitan Kemendikbud RI. Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 16(2): 128-143.
Legiawan, M. K., & Agustina, D. (2021). Penerapan Teknologi Augmented reality Sistem Ekskresi Manusia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android . Media Jurnal Informatika, 1(1): 17-25.
Ningsih, E. R., & Wulandari, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar serta Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3): 4828-4838.
Nurbayanti, E. (2022). Efektivitas Manajemen Pembelajaran Pada Program Pascasarjana IAIN Samarinda. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 3(2): 95-110.
Pamungkas, B. Z. (2022). Pengembangan Media Mistery Box Berwawasan Karakter untuk Peserta Didik Kelas IV SD/MI. SNASPPM, 7(1): 280-288.
Rini, A. A., Rahmatan, H., & Khairil. (2021). Application of the Student Team Achievement Division (STAD) Learning MOdel Assisted by Video Media to Improve Critical Thinking Skills and Student Learning Outcomes in Coordination System Topic. Journal of Pharmacy and Biological Sciences, 16(2): 13-19.
Safitri, R., Syahputra, E., & Asmin. (2020). The Effect of Student Team Achievement Division (STAD) Learning Model and Social Skill on the Critical Thinking Ability i four Grade Students of SD Negeri 05 Pauh Lubuk Sikaping. Budapest International research and Critics in Linguistics and Education, 3(1): 144-156.