KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MEDIA SCIENCE COMIC BERBANTU WEBTOON PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Main Article Content
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan tingkat tinggi yang perlu dimiliki untuk menghadapi peralihan era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media science comic berbantu webtoon terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Indikator keterampilan berpikir kritis terdiri dari memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, membuat inferensi, memberikan penjelasan sederhana, dan menyusun strategi dan taktik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian yang digunakan yakni dua kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri atas lembar observasi, angket, dan soal uraian berjumlah 15 soal. Analisis data untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan melalui uji N- Gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari uji N-Gain nilai pretest dan posttest di kelas eksperimen yaitu sebesar 0,56 yang menunjukkan bahwa penggunaan media science comic berbantu webtoon memberikan pengaruh sedang terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.