PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LAERNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF

Main Article Content

Roseu Ratnasari
Milla Listiawati
Ukit

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kesulitan memahami materi sistem saraf yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem saraf. Metode dalam penelitian ini digunakan quasi experimental dengan jenis desain non-equivalent control group menerapkan dua kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dengan subjek penelitian sebanyak 44 siswa. Instrumen ysng digunakan berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 26. Data hasil belajar berupa nilai rata-rata pretest dan postest kelas eksperimen yaitu 36 dan postest 58, sedangkan nilai pretest dan postest kelas kontrol yaitu 38 dan postest 39. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 0.36 dan kelas kontrol 0.03. Uji hipotesis diperoleh signifikansi 0.00 < 0.05, maka dapat disimpulkan model Problem Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada materi sistem saraf.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Suparno, J. (2017). Pendidkan & Politik. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hakim, T. (2005). Nelajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Wulansari, Y. d. (2021). Usaha Pemberian Layanan yang Optimal Guru BK pasa Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: UAD Press.

Setyo, A. A. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk Kemmapuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA. Makassar: Yayasan Barcode.

Amaludin, L. (2021). Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar. Tanggerang: Pascal Books.

Hurit, R. U. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Firdianti, A. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: CV. Gre Publishing.

Irwansyah, M. &. (2022). Scientific Appoarch dalam Pembelajaran Abad 21. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Sa'dun, d. (2022). Penerapan Media Kartun Dalam Pembelajaran IPA Fisika. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol, 8. No,18. Hal: 347-357.

Balim, A. G. (2014). Teachers Views About Problem Based Learning Through Concept Cartoons. Journal Of Baltic Science Education, Vol. 13, No. 4, Hal: 458-468.

Najihah, S. d. (2014). Concept Cartoon in Problem Based Learning a Systematic Literature Review Analysis. Journal of Technology and Science Education, Vol. 9, No.1, Hal : 51-58.

Qosim, S. d. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Video Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI SMAN 1 Sikur Tahun Ajaran 2014/ 2015. Jurnal Pijar MIPA, Vol. 10, No. 1, hal : 22-25.

Zainuri, A. d. (2021). Evaluasi Pendidikan. Pasuruan: Qiara Media.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Balim, A. G. (2014). Teachers Views About Problem Based Learning Through Concept Cartoons. Journal Of Baltic Science Education, Vol. 13, No. 4, Hal: 458-468.

Mudrikah, S. d. (2021). Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Teori dan Implementasi. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka.

Hayani, I. (2019). Metode Pembelajaran Abad 21. Banten: Rumah belajar Matematika Indonesia.

Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Kulsum, U. (2023). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik. Lombok Tengah: Yayasan Insan Cendikia Indonesia Raya.

Sutiah. (2016). Inovasi Pembelajaran PAI. Semarang: Nizami Learning Center.

Muhammad. (2020). Pembelajaran SKI di Madrasah. Mataram: Sanabil.

Wanojaleni, K. (2021). Konsep dan Implementasi Pembelajaran Scientific Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, Hal: 159-170.

Amaludin, L. (2021). Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar. Tanggerang: Pascal Books.

Asri, Y. N. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sukabumi: CV. Haura Utama.

Irwansyah, M. &. (2022). Scientific Appoarch dalam Pembelajaran Abad 21. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Oktariani, Y. d. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, Vol. 10, No.1, Hal: 46-53.

Sarkadi, d. (2021). The Effect of Problem Based Learning Models in Online Learning Settings on Student Cognitive Learning Outcomes in History Subjects. Jurnal of Educational Research and Evaluation, Vol. 5, No.1, Hal: 148-153.

Merdiati, R. d. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumpara Fisika, Vol. 2, No.3, Hal: 169-176.

Kusnandar, D. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, dan Budaya, Vol. 1, No.1, Hal: 17-30.

Walid, A. d. (2021). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmu Pendidikan , Vol. 3, No. 3, Hal:717-727.

Hambali, H. d. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan , Vol. 3, No. 4, Hal: 2092-2098.

Arifin, S. (2020). Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: CV. Adanu Abimata.

Darmadi, d. (2021). Inovasi Pembelajaran Matematika Anad 21. Solo: CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Lagiono, d. I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berfikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Kandangan Pada Konsep Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, Vol. 5, No. 2, Hal: 39-51.

Indah, A. d. (2021). Studi Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi di SMA Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, Vol. 3, No. 2, Hal: 92-99.

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Edison, A. (2013). Model Problem Based Learning Solusi Meningkatkan Prestasi belajar. Lombok Tengah: Yayaysan Insan Cendikia Indonesia Raya.

Wuryandani, W. d. (2020). Effect of Problem Based Learning (PBL) models on Motivation and Learning Outcomes in Learning Civi Education. Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 9, No. 3, Hal: 401-412.

Balym, A. G. (2016). Concept Cartoons Problem Based Learning Method in Moddle School Science Classrooms. Journal of Education and Learning, Vol.5, No. 2, Hal : 272-284.

Prasetyo, A. d. (2023). Strategi Pembelajaran Matematika. Padang: PT Global Eksekutif Teknologi.

Pradana, R. d. (2021). Problem Based Learning VS Sains Teknologi dalam Meningkatkan Intelektual Siswa. Indramayu: Adab.

Ismail, F. (2018). Statistika. Jakarta: Prenadamedia Group.

Premendikbud. No.60 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan.