ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN LEVEL OF INQUIRY BERBANTU MEDIA LIVEWORKSHEET
Main Article Content
Abstract
Respon siswa terhadap stimulus yang diberikan oleh guru merupakan salah satu hal yang mendasar sebagai penunjang keberhasilan dalam suatu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran level of inquiry berbantu media liveworksheet pada materi perubahan lingkungan sebagai metode dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif, dimana sampel dipilih melalui teknik purposive sampling yang terdiri dari 34 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket tertutup dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh skor persentase rata-rata keseluruhan sebesar 85,73% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat respon positif dari penggunaan model pembelajaran level of inquiry berbantu media liveworksheet pada materi perubahan lingkungan.