PERAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR ANALISIS SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN

Main Article Content

Siti Mariyah
Tri Wahyu Agustina
mar'atus solikha

Abstract

Keterampilan berpikir analisis merupakan jenis keterampilan berpikir tingkat tinggi (C4). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besaran pengaruh model pembelajaran Time Token menggunakan Flashcard terhadap keterampilan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain Embedded. Analisis data penelitian yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji mann whitney dan uji Cohen’s effec size digunakan untuk mengetahui besaran pengaruh yang diperoleh. Hasil pengujian keterampilan berpikir analisis siswa pada kelas eksperimen mengalami kenaikan sebesar 39,8 yaitu dari 40,2 menjadi 80,0 pada nilai posttest. Hasil uji hipotesis diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 dan pengujian besaran pengaruh diperoleh nilai sebesar 1,28. Tahapan-tahapan yang dilakukan pada sintaks model Time Token bertujuan untuk mengasah keterampilan berpikir analisis siswa yang akhirnya mengarah pada adanya pengaruh positif dari model pembelajaran yang digunakan. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Time Token menggunakan Flashcard berpengaruh terhadap keterampilan berpikir analisis siswa pada materi sistem imun. Besaran pengaruh yang terjadi berada dalam kategori efek kuat (strong effect). 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asriani, (2017). Profil Keterampulan Berpikir Analitis Mahasiswa Guru IPA Dalam Perkuliahan Biologi Umum. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol 2(1):66-70.

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem ImunUntuk Melatih Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, Vol 4(2):40-51.

Faharuddin, & Nasir, M. (2022). Penerapan Model Time Token Arends (TTA) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI MIA 2 SMAN 1 Kilo Kabupaten Dompu. Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, Vol 1((1):1-9.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sahab, Ali. (2018). Buku Ajar Analisis Kuantitatif Ilmu Politik dengan SPSS. Surabaya: Airlangga University Press.

Setyawan, T. & Ibrahim, M. (2019). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Pictorial Riddle Pada Materi Plantae Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Siswa Sma/Ma Kelas X. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol 8(2):260-269.

Son, R. S. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 9(3):284-291.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.