PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Main Article Content

Ersa Sugesti

Abstract

Keanekaragaman hayati merupakan materi yang termuat pada kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) kurikulum 2013 dimana mengacu pada observasi bulan Juli 2022 di SMA Tasikmalaya mengenai tingkat keberhasilan materi biologi dengan nilai KKM 75 menunjukkan tingkat keberhasilan yang rendah yaitu sebesar 31,25%. Hal ini menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap materi tersebut sehingga materi keanekaragaman menjadi objek kajian yang cocok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan dan tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen yaitu nonequivalent control group pretest-postest. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi keanekaragaman hayati presentase ratarata pencapaian siswa terhadap aspek kognitif yaitu 85% yang dikategorikan baik. Sedangkan, data hasil penelitian tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) menunjukkan tidak terdapat peningkatan hasil belajar. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada materi dan jenjang pendidikan yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Arifin, Zaenal. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Amelia, Adisttia, Hartono dan K, Sari. (2014). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Menengah Atas. J.Pen.Kim, 1(1), 1-8.

Arikunto, (2010). Prosedur penelitian: sutau pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Herlanti, (2006). Tanya jawab sepiutar penelitian pendidikan sains. Jakarta: FTK UIN Syarif Hidayatullah

Purwanto, (2012). Statistik untuk pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subana, (2000). Statistika pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono, (2015). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Pigit Sinar Biru.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakary.

Syifa, A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Materi Pokok Ekosistem: Penelitian Pada Siswa Kelas X MA ArRosyidiyah Bandung. UIN Sunan Gununung Djati Bandung.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana.

Widyastutik, Ibrahim. I., dan Mulyanratna. (2014). Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Pada Tema Pencemaran Air Untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah. Jurnal pendidikan Sains. 2(1). 1-7.