PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA
Keywords:
Berpikir kreatif, Invertebrata, Problem based learningDownloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129-135.
Bahruddin, S., & Juniyati, H. (2023). Studi Keanekaragaman Invertebrata Di Kawasan Perairan Teluk Maumere Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pro-Life, 10(1), 644-653.
Birgilli, B. (2015). Creative and Critical Thingking Skill In Problem Based Learning Envirovment. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia., 4(2), 63-71.
Doncean, M., & Doncean, G. (2022). Critical and Creative Thinking. Jurnal Of Public Administration, Finance and Low(24), 123-132.
Fitriah, E., Utami, M., & Cahyani, D. (2019). Panduan Praktikum Zoologi Invertebrata. Cirrebon: IAIN Syekh Nurjati.
Hidayati, R., & Wagiran. (2020). Implementation Of Problem Based Learning To Improve Problem Solving Skill In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 177-187.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Medika.
Magfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo Pada Materi Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan Saintek (pp. 635-639). Malang: Universitas Negeri Malang.
Munandar, U. (2002). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sahyar, S., & Noveri, R. (2017). The Effect Problem Based Learning Models and Creative Thingking Ability On Student's Problem Solving Ability. Advances In Social Sience, Education and Humanities Research, 104, 107-112.
Sanjaya. (2007). Metode Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Shoihimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Subardi, Nuryani, & Pramono, S. (2009). Biologi Untuk Kelas X SMA Dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiono. (2012). Metodologi Penelitian Administrasi. Jakarta: CV Alfabeta.
Syamsidah, & Suryani, H. (2019). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Sleman: CV Budi Utama.
Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidkan Matematika. Bandung: Refika Medika.
Zaduqisti, E. (2010). Problem Based-Learning: Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar. FORUM TARBIYAH, 8(2), 181-191.
Zulkarnaen, Suhirman, Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., widia, . . . Verawati, N. (2022). The Effect of Problem Based Learning Model on Students' Creative Thingking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 379-382