PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA
Main Article Content
Downloads
Article Details
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129-135.
Bahruddin, S., & Juniyati, H. (2023). Studi Keanekaragaman Invertebrata Di Kawasan Perairan Teluk Maumere Nusa Tenggara Timur. Jurnal Pro-Life, 10(1), 644-653.
Birgilli, B. (2015). Creative and Critical Thingking Skill In Problem Based Learning Envirovment. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia., 4(2), 63-71.
Doncean, M., & Doncean, G. (2022). Critical and Creative Thinking. Jurnal Of Public Administration, Finance and Low(24), 123-132.
Fitriah, E., Utami, M., & Cahyani, D. (2019). Panduan Praktikum Zoologi Invertebrata. Cirrebon: IAIN Syekh Nurjati.
Hidayati, R., & Wagiran. (2020). Implementation Of Problem Based Learning To Improve Problem Solving Skill In Vocational High School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(2), 177-187.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paragdimatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lestari, K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Medika.
Magfiroh, N., Susilo, H., & Gofur, A. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo Pada Materi Pembelajaran Biologi. Seminar Nasional Pendidikan Saintek (pp. 635-639). Malang: Universitas Negeri Malang.
Munandar, U. (2002). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sahyar, S., & Noveri, R. (2017). The Effect Problem Based Learning Models and Creative Thingking Ability On Student's Problem Solving Ability. Advances In Social Sience, Education and Humanities Research, 104, 107-112.
Sanjaya. (2007). Metode Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Shoihimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Subardi, Nuryani, & Pramono, S. (2009). Biologi Untuk Kelas X SMA Dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiono. (2012). Metodologi Penelitian Administrasi. Jakarta: CV Alfabeta.
Syamsidah, & Suryani, H. (2019). Buku Model Problem Based Learning (PBL). Sleman: CV Budi Utama.
Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidkan Matematika. Bandung: Refika Medika.
Zaduqisti, E. (2010). Problem Based-Learning: Konsep Ideal Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar. FORUM TARBIYAH, 8(2), 181-191.
Zulkarnaen, Suhirman, Hidayat, S., Prayogi, S., Sarnita, F., widia, . . . Verawati, N. (2022). The Effect of Problem Based Learning Model on Students' Creative Thingking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 379-382