KORELASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM

Main Article Content

Daffa Alfie Syahrin Adjie
R. Ading Pramadi
Meti Maspupah

Abstract

Kemampuan literasi sains menjadi kunci keberhasilan untuk menguasai kompetensi abad 21. Namun realitanya tingkat literasi sains di Indonesia masih pada katergori rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Berdasarkan hal tersebut pemerintah memasukkan literasi baik literasi bacaan dan sains menjadi muatan utama dalam kurikulum utamanya dalam pembelajaran rumpun ilmu pengetahuan alam. Pembelajaran biologi khususnya pada materi ekosistem sangat berkaitan upaya membangun perilaku peduli terhadap kelestarian lingkungan. Untuk itu, dibuatlah suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan serta tingkat keeratannya antara kemampuan literasi sains dengan perilaku peduli lingkungan peserta didik. Penelitian dilakukan kepada 60 peserta didik pada kelas 11 di dua sekolah yang berbeda. Diperoleh hasil kemampuan literasi sains pada seluruh sampel sebesar 63% termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya diperoleh tingkat peduli lingkungan pada seluruh sampel sebesar 73 termasuk kedalam kategori cukup. Hasil uji korelasi menggunakan produk momen diperoleh signifikansi 0,001<0,05 disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains memiliki hubungan terhadap perilaku peduli lingkungan. Tingkat keeratan hubungan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan tingkat keeratan hubungan 19% serta berhubungan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraini, W., & Hudaidah, H. (2021). Reformasi Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21. Journal on Education, 208-215.

Baroroh, E., & Roshayanti, F. (2022). Profil Sikap Peduli Lingkungan pada Siswa di SMAN 1 Batangan. Unnes Physics Education Journal, 21-25.

Direktorat Sekolah Dasar. (2020, November 19). DitPSD. Diambil kembali dari Informasi: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/sanitasi-sekolah-adalah-investasi-besar-untuk-perubahan-perilaku-sehat

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, & Jufri, A. W. (2020). ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 108-116.

Jufrida, Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific literacy and science learning achievement at junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 630-636.

Kutanegara, P. M., Piyoto, A. J., Kiswanto, E., Sumini, & Nugroho, Y. P. (2014). Membangun Masyarakat Indonesia Peduli Lingkungan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Makhdum, M., Suwono, H., & Diantoro, M. (2016). Potret Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Negeri 2 Tambakboyo. Seminar Nasional Pembelajaran IPA Ke-1 (hal. 473-478). Malang: Universitas Negri Malang.

OECD. (2019, 10 27). Publications: PISA 2018 Results. Diambil kembali dari OECD : Programme for International Student Assesment: https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Oktariska, B., Toenlio, A. J., & Susilaningsih. (2018). STUDI KASUS PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN HIDUP SISWA DI SMKN 6 MALANG. JKTP, 159-168.

Pratiwi, D. T., Sapitri, I. N., Wibowo, S., & Prastiwi, Y. (2019). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMPN 2 Gatak Menuju Sekolah Adiwiyata. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 40-46.

Pratiwi, S., Cari, C., & Aminah, N. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 34-42.

Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 21-33.

Setiawan, A. R. (2019). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Seminar Nasional & Workshop Biologi, IPA, dan Pembelajarannya ke–4 (SnoWBel IV) (hal. 241-249). Malang: UM.

Setiawan, C. K., & Yosepha, S. Y. (2020). PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK THE BODY SHOP INDONESIA. Jurnal Ilmiah M-Progres, 1-9.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelaharan Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 29-35.

Yusuf, A. M., Hidayatullah, S., & Tauhidah, D. (2022). Hubungan Literasi Digital dan Saintifik dengan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA. Asimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 8-16.