KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN E-COMIC INTERAKTIF
Main Article Content
Abstract
Permasalahan yang terjadi saat ini yaitu banyaknya siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang rendah dalam pembelajaran Biologi, salah satunya dikarenakan keterbatasan media ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk yang akan digunakan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap penggunaan media e-comic interaktif pada materi ekosistem. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 di salah satu SMA di Bandung. Salah satu instrumen penelitian yang digunakan berupa tes (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-comic interaktif dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Downloads
Article Details
References
Artikasari, E. A. & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Jurnal Math Educator Nusantara 3(2) : 73–82.
Nurlaela, L. & Ismayati, E. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Saluky. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Web dengan Menggunakan Wordpress. EduMa 5 (1).
Sani, R. A., Lubis, R. H., Sipayung, H. D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Inquiry Terhadap Keterampilan 4C Siswa Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika : 29-38.
Sapitri, D. (2019). Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis CTL materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Skripsi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sofiatin, S., Azmi, N., Roviati, E. (2016). Penerapan Bahan Ajar Biologi Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah (Studi Eksperimen Kelas X MIPA Di SMAN 1 Plumbon). Jurnal Sains dan Pendidikan Sains V(1) : 15-24.
Sulaeman, M. (2016). Aplikasi Project Based Learning (PBL) untuk Membangun Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Depok: Bioma.
Sundayana, R. (2018) Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Syahrir. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kretaif. Jurnal Ilmiah Mandala Education 2(1) : 436-441.
Yektyastuti, Resti, Ikhsan, J. (2016). Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2 (1).