KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM IMUN

Main Article Content

Ghaisha Hanna Nafisah
Milla Listiawati
Astri Yuliawati

Abstract

Model Project based learning merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah karena memberi peluang peserta didik untuk bekerja secara mandiri dalam menyelesaikan tugasnya dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran dengan melibatkan kerja proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan pemecahan masalah menggunakan model project based learning pada materi sistem imun kelas XI MIPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Sampel yang dipilih hanya satu kelas yaitu kelas XI MIPA 5 sebanyak 34 siswa. Data yang diperoleh berupa nilai rata-rata keterampilan pemecahan masalah pretest sebesar 40 dan nilai rata-rata posttest sebesar 89 . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan skor yang diperoleh siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran menggunakan model project based learning. Sehingga dapatĀ  disimpulkan bahwa keterampilan pemecahan masalah siswa menggunakan model project based learning pada materi sistem imun memiliki keterampilan pemecahan masalah yang lebih baik dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttestnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Al-Tabany, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konstektual. Surabaya: Prenadamedia Group.

Arestu, O. O., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Melalui Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 58-66.

Dewi, Khairi, & Kultsum. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.

Iklina, T., & Fadilah, M. (2022). Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning (Pjbl) Tentang Materi Sistem Imun Kelas Xi Sma Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Journal On Teacher Education, 4(1), 250-262.

Jayadiningrat, M. G., & Emirensia . (2018, April 31). Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning Dalam Pembuatan Media Ipa Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167 - 1175.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di plikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1325-1334

Rahmazatullaili, Zubainu, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Model Project Based Learning. Jurnal Tadris Matematika, 166-183.

Safithri, R. (2021). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Dan Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Self Efficacy Siswa. Jurnal Cendekia, 335-346.

Sari, R. A., Musthafa, B., & Yusuf, F. N. (2021). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Berbasis Proyek Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1-11.

Sumardiana, Azizi, A., & Muttaqin, M. Z. (2021). Pengaruh Model Pembelaran Bebasis Proyek Tehadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Global Education, 175-180.