Pembuatan Multimedia Interaktif Materi Kristalisasi Berorientasi Literasi Kimia

Main Article Content

Devi Alfia Ismiyanti
Ida Farida
Ferli Septi Irwansyah

Abstract

Ketercapaian peserta didik terkait materi kristalisasi belum sepenuhnya tercapai karena masih banyak yang mengalami kesulitan dalam memahaminya. Kesulitan tersebut terjadi akibat peserta didik hanya memahami materi saja tanpa mengaitkannya dengan kehidupan serta keterbatasan media pembelajaran yang digunakan. Maka, untuk membantu peserta didik dalam memahami materi kristalisasi dan keterkaitannya dengan kehidupan diperlukan suatu media pembelajaran seperti multimedia interaktif yang berorientasi literasi kimia. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan multimedia dengan mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, dan analisis hasil uji kelayakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu DBR (Design Based Research) dengan menggunakan tahap analisis, desain, dan pengembangan yang mengacu kepada pendekatan ADDIE. Materi dalam multimedia interaktif disajikan dalam bentuk teks, gambar, video, audio, simulasi, dan evaluasi. Hasil uji validasi terhadap multimedia interaktif yang dibuat secara keseluruhan memperoleh nilai r_hitung sebesar 0,78 dan dinyatakan valid dengan interpretasi cukup tinggi. Pada uji kelayakan kepada 15 orang mahasiswa pendidikan kimia secara keseluruhan memperoleh 90,6% dengan interpretasi sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut, multimedia interaktif materi kristalisasi berorientasi literasi kimia layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles