Implikasi Perkembangan Teknologi terhadap Keberagamaan Peserta Didik Tingkat Sekolah Menangah Atas di Era Digitalisasi

Main Article Content

Fitriani Fitriani
Hasan Basri
Andewi Suhartini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas implikasi perkembangan teknologi terhadap keberagamaan peserta didik di Tingkat SMA di era digitalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implikasi perkembangan teknologi terhadap keberagamaaan peserta didik terdapat dua, yakni positif dan negatif. Beberapa implikasi positif di antaranya: a) memberi kemudahan dalam mengakses informasi dan sumber belajar; b) memiliki koneksi dengan komunitas keagamaan secara luas; c) tersedianya aplikasi keagamaan dan doa digital; d) tersedianya pembelajaran daring; e) adanya strategi pembelajaran yang interaktif; dan f) meningkatkan kesadaran keberagamaan. Adapun implikasi negatifnya yaitu: a) memiliki akses pada konten negatif; b) menggangu praktik ibadah; c) rentan adanya pencampuran nilai; d) memengaruhi etika dan moral; e) rentan individualis; dan f) rentan mendapat pengetahuan tanpa rujukan. Oleh karena itu, orang tua, guru, dan masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam pembentukan keberagamaan peserta didik melalui pengawasan terhadap intensitasnya dengan teknologi, serta cenderung mengarahkan memanfaatkan kemajuan teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles