Kompetensi Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran di Era Industry 5.0

Main Article Content

Tamara Sausan
Neng Risya Safitri Haryadi
Hamdan Sugilar

Abstract

Era revolusi industri 5.0 telah mengakibatkan perubahan akibat teknologi yang semakin maju. Dalam bidang pendidikan, perlu menyiapkan sumber daya manusia, salah satunya calon guru matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kompetensi apa saja yang perlu dipersiapkan oleh calon guru matematika dalam menyongsong era revolusi 5.0. Metode penelitian ini dengan studi literatur. Pengumpulan data melalui studi literatur dari berbagai artikel dan buku-buku terdahulu mengenai kompetensi calon guru matematika di era revolusi 5.0. Hasil dari penelitian ini adalah calon guru matematika harus memiliki kompetensi untuk menyongsong revolusi industri 5.0. Diantaranya adalah kompetensi berpikir tingkat tinggi, mengintegrasikan teknologi ke dalam konten pedagogi, dan keterampilan hidup di era revolusi 5.0. Keterampilan tingkat tinggi yang dibutuhkan di abad 21 adalah keterampilan 6C, yaitu Communication, Critical thinking, Collaboration, Creativity, Character, dan Citizenship. Selain kemampuan berpikir tingkat tinggi, calon guru matematika juga perlu memiliki keterampilan untuk hidup di abad 21, yaitu leaderships, digital literacy skills, communications skills, emotional intelligence, entrepreneurship skills, global citizenships, the ability to work in teams, dan the ability to solve problems. Calon guru matematika juga perlu memiliki kompetensi-kompetensi seperti educational competencies, technology commercialization competencies, the globalization competencies, the competencies of future strategies, dan the competencies of counselors

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles