Strategi Keterampilan Mendengarkan Siswa Menggunakan Aplikasi LingoClip

Main Article Content

Eva Meidi Kulsum
Devi Indah Wulansari
Rina Mutiarawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi keterampilan mendengarkan yang digunakan siswa dalam menggunakan aplikasi LingoCLip sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris, penelitian ini termasuk penelitian deksriptif kualitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian yang diberikan kepada 30 siswa dan didukung oleh wawancara semi terstruktur. Kuesioner tersebut berisi pernyataan-pernyataan yang mewakili enam strategi berdasarkan Oxford, (1990), yaitu strategi memori, strategi kognitif, strategi kompensasi, strategi metakognitif, strategi afektif, dan strategi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap aplikasi, berdasarkan nilai rata-rata kuesioner yang diperoleh. Terlihat bahwa strategi yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah strategi sosial, dan yang paling sedikit adalah strategi memori. Dari hasil tersebut guru dapat menyesuaikan media dan metode pembelajaran yang sesuai dengan strategi mendengar yang sering digunakan oleh siswa di kelas sehingga proses pembelajaran di kelas menjadi lebih efektif

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Azhari, O. (2018). The Use of Lyics Training Website to Improve Students Listening Comprehension in High School. [PhD Thesis, Universitas Negeri Padang]. http://repository.unp.ac.id/20399/

Bao, X. (2017). A study on listening strategies instructed by teachers and strategies used by students. International Journal of English Linguistics, 7(2), 186–195.

Duong, M. T., Tran, T. H. T., & Tran, Q. T. (2019). Eleventh graders’actual use of english listening learning strategies at duong van duong high school. VNU Journal of Foreign Studies, 35(1). https://js.vnu.edu.vn/FS/article/view/4341

Indrianty, S., & Kemala, Z. (2019). Listening Strategies Used by the Students in Improving Listening Skill (A Case Study at Stiepar Language Center). Jurnal Sora, 2(1), 9–21.

Kelly, C., Kelly, L., Offner, M., & Vorland, B. (2002). Effective ways to use authentic materials with ESL/EFL students. The Internet TESL Journal, 8(11), 1–5.

Nunan, D. (1989). Designing tasks for the communicative classroom. Cambridge university press. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=NSlMZp9XkHoC&oi=fnd&pg=PR9&dq=++Nunan,+D.+(1989).+Designing+tasks+for+the+communicative+classroom.+Cambridge:+Cambridge+University+Press.&ots=1Z_JMctDPp&sig=E7cKqCXsn0XnsWvQtha12ZAjAdk

Oxford, R. L. (1990). Language learning strategies: What every teacher should know. (No Title). https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282273176753280

Pérez Ruiz, L., & Santamaría García, C. (2003). Benefits of using authentic materials in an EST class. https://uvadoc.uva.es/bitstream/handle/10324/17295/ES-2003-2004-25-BenefitsOfUsingAuthentic.pdf?sequence=1

Putri, N. (2019). Lecturers’ strategies: The use of media and material in teaching listening [PhD Thesis, UIN AR-RANIRY]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7321/

Quisnia Aldas, J. C. (2021). Lyrics Training and the pronunciation of the English language [B.S. thesis, Universidad Técnica de Ambato-Facultad de Ciencias Humanas y de la Educación …]. http://repositorio.uta.edu.ec/handle/123456789/31934

Utan, I. Y. (2019). Listening Strategies Used by Students to Deal with the Challenges in Academic Listening Course [PhD Thesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS-UKSW]. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/20063