Sintesis Karbon Aktif Dari Limbah Kulit Jagung (Zea Mays L) Sebagai Adsorben Limbah Cair Industri Laundry

Main Article Content

MU’MIN IKHWAN NULLOH
ADI MULYANA SUPRIATNA
VINA AMALIA

Abstract

Karakteristik yang terdapat dalam air limbah laundry yaitu mengandung BOD5, COD, TSS, minyak dan lemak, detergen, dan fosfat. Kandungan TSS, minyak dan lemak, dan detergen (MBAS) yang terkandung dalam limbah cair laundry masih besar oleh sebab itu penurunan kadar pencemar dalam limbah laundry menarik perhatian khusus. Salah satu metode untuk menghilangkan zat pencemar pada limbah laundry adalah metode adsorpsi. Pemanfaatan karbon aktif dari limbah pangan sebagai bahan adsorben menjadi salah satu hal yang menarik karena selain kinerja adsorpsi nya baik serta biaya nya rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas karbon aktif kulit jagung sebagai adsorben  limbah laundry dengan variasi massa adsorben. Karbon aktif dibuat dari limbah kulit jagung dengan suhu karbonasi 300 °C yang diaktivasi menggunakan HCl 0,5 N kemudian dinetralkan menggunakan akuades. Residu kemudian dikeringkan di dalam oven dan kemudian dihaluskan dengan ukuran 80 mesh. Adsorpsi dilakukan dengan menggunakan metode batch. Karbon aktif yang diperoleh dikarakterisasi menggunakan FTIR dan SEM. Hasil dari analisis SEM dengan perbesaran 500 kali dan 5000 kali diketahui karbon aktif limbah kulit jagung bentuk morfologinya memiliki rongga atau pori-pori yang terlihat jelas meskipun bentuk pori nampak berbeda dan hasil dari analisis FTIR karbon aktif limbah kulit jagung memiliki gugus O–H, gugus C – H Stretching, gugus fungsi – CH2 ¬¬–, dan gugus – CH3 –. Dari penelitian ini, diketahui bahwa karbon aktif limbah kulit jagung efisien untuk mengadsorpsi pengotor pada limbah cair industi laundry dengan kondisi maksimum efisiensi penyisihan untuk TSS sebesar 28,94%, minyak dan lemak sebesar 75 %, dan Deterjen (MBAS) sebesar 45,69 % dengan kapasitas adsorpsi nya masing-masing sebesar 2,77 mg/g, 0,75 mg/g, dan 0,477 mg/g. berdasarkan studi literatur hal ini mengindikasikan bahwa detergen teradsorpsi pada beberapa lapis (multilayer) dari permukaan kulit jagung dan kemungkinan terjadi adsorpsi secara fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

MU’MIN IKHWAN NULLOH, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi

ADI MULYANA SUPRIATNA, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi

VINA AMALIA, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi

References

I. Ciabatti, F. Cesaro, L. Faralli, E. Fatarella dan F. Tognotti, “Demonstration of a Treatment System for Purification and Reuse of Laundry Wastewater,” Desalination, vol. 245, pp. 451-459, 2009.

S. Fardiaz, Polusi Air & Udara, Bogor: Kanisius, 1992.

B. Rachmawati, S. Y. P dan M. Mirwan, “Proses Elektrokoagulasi Pengolahan Limbah Laundry,” Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan, vol. 23, no. 1, pp. 15-22, 2014.

Y. Nustini dan A. Allwar, “Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Menjadi Arang Tempurung Kelapa dan Granular Karbon Aktif Guna Meningkatkan Kesejahteraan Desa Watuduwur, Bruno, Kabupaten Purworejo,” AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, vol. 04, no. 03, pp. 217-226, 2019.

T. K. Fagbemigun, O. Fagbemi, O. Otitoju, E. Mgbachiuzor dan C. Igwe, “Pulp and paper-making potential of corn husk,” International Journal of AgriScience, vol. 4, no. 4, pp. 209-213, 2014.

W. D. Lathifah, “Penyisihan Detergen Dari Air Limbah Laundry Menggunakan Adsorben Kulit Jagung,” Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Andalas, 2021.

Y. Putri, “Modifikasi Adsorben Kulit Jagung Untuk Menyisihkan Detergen Dari Air Limbah Laundry,” Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik, Universitas Andalas, 2022.

S. Y. Nugroho, S. Sumiyati dan M. Hadiwidodo, “Penurunan Kadar Cod Dan Tss Pada Limbah Industri Pencucian Pakaian (Laundry) Dengan Teknologi Biofilm Menggunakan Media Filter Serat Plastik Dan Tembikar Dengan Susunan Random,” Jurnal Teknik Lingkungan FT UNDIP, 2014.

E. N. Purnamasari, “Karakteristik Kandungan Linear Alkyl Benzene Sulfonat (Las) Pada Limbah Cair Laundry,” Jurnal Media Teknik, vol. 11, no. 1, pp. 32-36, 2014.

D. A. Kusuma, L. Fitria dan U. Kadaria, “Pengolahan Limbah Laundry Dengan Metode Moving Bed Biofilm Reactor (Mbbr) (Laundry Wastewater Treatment Using Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) Method),” Jurnal Teknologi Lingkungan Lahan Basah, vol. 7, no. 1, 2019.

M. Tang dan B. Roger, “Carbonation of Cellulose Fibers I Low Temperature Pyrolysis,” Carbon, vol. 2, pp. 211-220, 1964.

R. Leyva-Ramos, L. Landin-Rodriguez, S. Leyva-Ramos dan N. Medellin-Castillo, “Modification of Corncob with Citric Acid to Enhence its Capacity for Adsorbing Cadmium (II) from Water Solution,” Chemical Engineering Journal, vol. 180, pp. 113-120, 2012.

L. I. Wirani, F. Hanum dan S. F. Dina, “Aktivasi Karbon dari Sekam Padi dengan Aktivator Asam Klorida (HCl) dan Pengaplikasiannya pada Limbah Pengolahan Baterai Mobil untuk Mengurangi Kadar Timbal (Pb),” Laporan Penelitian, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara, 2017.

S. B. Yanto, Pemanfaatan Ampas Kopi sebagai Biosorben Penyerap Besi (Fe), Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negri Ar-Raniry Banda Aceh., 2021.

Yuris, C. Cahyani dan Atikah, “Potensi Lignin untuk Penanganan Logam Berat Cr(VI),” Jurnal Kimia Kemasan, vol. 36, no. 1, pp. 163-172, 2014.

D. M. Maharani, L. Normalasari, D. Kumalasari, C. A. H. Prakoso, M. Kusumaningtyas dan M. T. Ramadhan, “Pengaruh Pretreatment Secara Alkalisasi-Resistive Heating terhadap Kandungan Lignoselulosa Jerami Padi,” AGRITECH, vol. 37, no. 2, pp. 132-138, 2017.

I. Pratiwi dan I. A. Setiorini, “Penurunan Nilai pH, COD, TDS, TSS pada Air Sungai Menggunakan Limbah Kulit jagung melalui Adsorben,” Jurnal Redoks, vol. 8, no. 1, pp. 55-62, 2023.

S. Rachmawati, Irmawartini dan Kahar, “Penurunan Kadar Minyak dan Lemak Limbah Cair Penyamakan Kulit Menggunakan Media Saring Karbon Aktif,” Jurnal Kesehatan Siliwangi, vol. 2, no. 2, pp. 431-438, 2021.

T. Zaharah, Nurlina dan R. Moelyani, “Reduksi minyak, lemak, dan bahan organik limbah rumah makan menggunakan grease traptermodifikasi karbon aktif,” Jurnal Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan, vol. 1, no. 3, pp. 25-32, 2017.

W. P. Utomo, Z. V. Nugraheni, A. Rosyidah, O. M. Shafwah, L. K. Naashihah, N. Nurfitria dan I. f. Ulfindrayani, “Penurunan Kadar Surfaktan Anionik dan Fosfat dalam Air Limbah Laundry di Kawasan Keputih, Surabaya Menggunakan Karbon Aktif,” Akta Kimia Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 127-140, 2018.

H. Apriyanti, I. N. Candra dan Elvinawati, “Karakterisasi Isoterm Adsorpsi dari Ion Logam Besi (Fe) pada Tanah di Kota Bengkulu,” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, vol. 2, no. 1, pp. 14-19, 2018.

P. Atkins dan D. J. Paulo, Physical Chemistry, Oxford University Press, 2018.