STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN AKAR WANGI DI KABUPATEN GARUT

Main Article Content

Tintin Febrianti
Holis N. Anisa

Abstract

Kabupaten Garut merupakan penghasil minyak atsiri akar wangi dengan produksi tertinggi di dunia setelah Negara Haiti. Harga jualnya yang relatif tinggi tidak serta merta membuat petaninya memiliki kesejahteraan yang tinggi juga. Dalam perkembangannya dihadapkan pada berbagai faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor internal dan eksternal usaha pengolahan minyak atsiri akar wangi di Kabupaten Garut. Hasil menunjukan bahwa faktor internal yang dapat mempengaruhi perkembangan UMKM Pulus Wangi berupa faktor kekuatan adalah sebagai berikut: a). Minyak akar wangi banyak diminati, sehingga permintaan selalu ada, b). Memiliki lahan sendiri untuk kebutuhan bahan baku, c). Memiliki email untuk mengakses informasi. Sedangkan faktor kelemahan terdiri dari: a). SDM dan skill pekerja yang masih kurang dan tidak mengacu pada SOP, b) Harga yang mengalami bentrok dengan konsumen, c). Pencatatan keuangan yang masih sederhana, d). Kontinuitas yang belum stabil, e). Pembukuan yang masih sederhana. Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi UMKM Pulus Wangi berupa peluang yang dapat dimanfaatkan diantaranya: a). adanya DAI sebagai fasilitator untuk usaha minyak atsiri, b). memiliki mesin boiler, c). Kebijakan pemerintah daerah yang menetapkan luar areal penanaman akar wangi dan lokasi penyulingan minyak. Serta terdapat ancaman bagi UMKM Pulus Wangi diantaranya: a). Harga yang tidak menentu, b) limbah yang belum tertangani sempurna, c). Industri lain yang menjadi pesaing.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aryani, F., Noorcahyati, & Arbainsyah. (2020). Pengenalan Atsiri Prospek Pengembangan Budidaya dan Penyulingan.

Aviasti, Nugraha, Amaranti, R., & Nurrahman, A. A. (2018). Perancangan Metode Implementasi Model Simbiosis Industri Pada Penyulingan Minyak Sereh Wangi Skala Kecil dan Menengah.

D. F. (2004). Manajemen Strategis. Jakarta: PT Indeks.

D. F. (2009). Manajemen Strategis : Konsep Edisi Kedua belas. Jakarta: Salemba Empat.

E, G. (1990). Minyak Atsiri. Jakarta: UI-PRESS.

Emmyzar. (2006). Prospek Pengembangan Tanaman Akar Wangi. Bandar Lampung: BAlai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik.

F. F. (2015). Analisis Pendapatan Usahatani Bunga Studi Kasus di Desa Padang Pangrapat Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawaman.

Guenther. (1987). Minyak Atsiri Jilid I.

H. J., & Wheelen TL. (2001). Manajemen Strategis. Yogyakarta.

Hayami, Y, Kawagoe T, Marooka Y, & Siregar m. (1987). Agricultural Marketing and Processing in Upland Java : A Perspective a Sunda Village. Bogor: The CPGRT Centre.

Ir. Sani, Mt. (2011). Minyak Dari Tumbuhan Akar Wangi.

Mulyono, E., Sumangat, D., & Hidayat, T. (2012). Peningkatan Mutu Dan Efisiensi Produksi Minyak Akar Wangi Melalui Teknologi Penyulingan Dengan Tekanan Uap Bertahap.

Murtiningsih, & Suyanti. (2011). Membuat Tepung Umbi dan Variasi Olahannya.

Naton, S., Radiansah, D., & Juniansyah, H. (2020). Analisis nilai Tambah dan Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Pisang Pada UMKM Keripik Tiga Bujang di Kota Pontianak.

P. M., & M. A. (1991). Strategi Bersaing : Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing . Jakarta : Erlangga.

R. F. (2014). Analisis SWOT Teknik Membelah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahmawati, R. (2011). Analisis Strategi Pemasaran Berorientasi Ekspor Pada Perusahaan Penyulingan Minyak Akar Wangi PT.Pulus Wangi Nusantara Di Samarang, Garut.

Samarang; D.I; Pulus; P.T, Nusantara. (2011). Pada Perusahaan Penyulingan Minyak Akar for Enterprise Refining Vetiver Oil.

Sani. (2011). Minyak dari Tumbuhan Akar Wangi. Surabaya: Unesa University Press.

Sarwani, Sudryana, Y., Sunardi, N., Hamsinah, & Nufus, K. (2019). Pengembangan Usaha Koperasi Produksi Akar Wangi "USAR" Sentra Industri Akar Wangi di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Soekartawi. (1995). Analisis Usaha Tani. Jakarta: UI press.

Soekartawi. (2000). Pengantar Agroindustri. Jakarta: PT. Raja Grafindo Jakarta.

Soekartawi. (2016). Analisis Usahatani. Jakarta: UI-Press.

Sulaswatty, A., & Agustian, E. (2014). Nilai Tambah Minyak Akar Wangi dengan Pemekatan Kadar Vetiverol Menggunakan Ekstraksi CO2 Fluida Superkritik.

Suratiyah, K. (2015). Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

Suratiyah, Ken. (2020). Ilmu Usaha Tani. Jakarta: Penebar Swadaya.

U. R. (2015). Analisis Kelayakan Usaha Ternak Sapi Potong Pada Berbagai Skala Kepemilikan di Desa Samangki Kecamatan Simbang Kabupaten Maros Universitas Hasanudin. Makasar.