Strategi Branding Lembaga AP Edutainment Jurusan Administrasi Publik

Main Article Content

Putri Salsabila Sungkar
Raissa Elsyi Rahmadiana
Rima Nurmalah

Abstract

Dalam era informasi yang serba cepat dan kompetitif seperti sekarang, branding menjadi faktor penting dalam membangun dan mengelola suatu lembaga atau organisasi publik. Dalam sektor pemerintahan, branding berhubungan dengan produk unggulan dalam pelayanan yang disediakan oleh pemerintah. Pada tingkat jurusan di perguruan tinggi, branding penting untuk mempromosikan nama dan ciri khas jurusan serta memastikan eksistensi dan reputasi yang baik. Lembaga AP Edutainment, sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam membranding Jurusan Administrasi Publik, telah menerapkan berbagai strategi branding. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang dilakukan oleh lembaga AP Edutainment dalam membranding Jurusan Administrasi Publik FISIP UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dengan tujuan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan publik terhadap pelayanan yang diberikan oleh jurusan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data melalui dokumen, wawancara semi-terstruktur, dan observasi lapangan. Informan penelitian terdiri dari anggota Lembaga AP Edutainment. Data dianalisis menggunakan model interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, strategi branding yang dilakukan oleh Lembaga AP Edutainment ini meliputi perencanaan konten, program pembuatan konten informatif, kerjasama dengan stakeholder, publikasi ciri khas jurusan, dan optimalisasi fungsi lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Alamsyah, A. (2016). Perkembangan Paradigma Administrasi Publik (New Public Administration, New Public Management Dan New Public Service). Politik Profetik, 4(2), 192–198.

AP Edutainment (2022, March 3). Standard Operating Procedure. Bandung, West Java, Indonesia.

AP Edutainment (2023, March 24). Company Profile. Bandung, West Java, Indonesia.

Canel, M. J., & Luomo, V. A. (2018). Public Sector Communication: Closing Gaps Between Citizens and Public Organizations, 344.

Cresswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative And Mix Methods Approaches (V. Knight (Ed.); 4th Ed.). Sage Publications, Inc.

FISIP UIN Sunan Gunung Djati (2023, March 20). Surat Keputusan Penetapan Pengurus AP Edutainment Jurusan Administrasi Publik Periode 2023-2024. Bandung, West Java, Indonesia.

Halim, F. R. (2022, September 1). Instagram Post Guide. Bandung, West Java, Indonesia.

Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 10.29040

Kaukab, M. E. (2020). Public Relation. Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/344086582

Keller, K., & Kotler, P. (2012). Branding In Business-To-Business Firms. In Branding In Business-To-Business Firms.

KKP. (N.D.). Government Public Sector. kkp.go.id.

Lestari. (2018). New Public Service Dan Pelayanan Berbasis Kepercayaan: Perspektif Integrasi Konsep. Ilmu Administrasi Negara, 5(1), 1–12.

Meutia, I. F. (2017). REFORMASI ADMINISTRASI PUBLIK. CV. Anugrah Utama Raharja.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis-A Methods Sourcebook (H. Salmon (Ed.); 3rd Ed.). Sage Publications, Inc. Https://Docs.Google.Com/Document/D/1ejntmnipjr-Apj6xhjnquorkdpgt5uuip3ovhr7qd64/Edit

Purwani, D. A. (2015). STRATEGI PROGRAM STUDI UNTUK ( Studi Pada Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Humaniora UIN Sunan Kalijaga ). KRITIS Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 1(1), 121–131.

Rahmadiva, L. A. (2019). Branding Dalam Mempertahankan Reputasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

Rumelt, R. (2011). Good Strategy, Bad Strategy, And Why It Matters.

Smith, R. D. (2020). Strategic Planning For Public Relations (6th Ed.). Routledge.

Wicaksana, A., & Chayati, M. (2019). Pengaruh Citra Organisasi Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Masyarakat Dalam Menggunakan Layanan Publik. Administrasi Publik (JAP), 3(1), 1-10.

Yarianti, P. (2018). Evaluasi Strategi Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Toraja Utara. Universitas Hasanuddin.