Analisis Kepatuhan Dan Pemahaman Bendahara Desa Tentang Kewajiban Perpajakan

Main Article Content

Nurul Khotimah Fauzi
Rina Nurwina Wulansari

Abstract

Kepatuhan danĀ  pemahaman pajak sangat perlu diperhatikan karena dalam penyetoran pajak yang baik perlu sumber daya manusia yang mengetahui dan berwawasan luas.Salah satu yang harus diberdayakan dalam menghitung dan melaporkan perpajakan adalah bendahara desa.Bendahara desa memiliki tugas dalam pengeloaan dana desa termasuk menghitung,memotong dan melaporkan pajak.Jika tidak diperhatikan maka akan menyebabkan urgensi dalam pelaporan keuangan pemerintah.Dikarenakan terdapat penelitian sebelumnya yang melakukan penelitian mengenai kepatuhan dan pemahaman perpajakan pada bendahara desa ,hal ini membuat peneliti ingin melakukan penelitian di kelurahan cipadung untuk menganalisis apakah kelurahan cipadung ini sudah patuh dan paham atas tanggung jawabnya dalam pelaporan pajaknya.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dengan perangkat kelurahan cipadung dalam kepatuhan dan pemahaman perpajakan ini.Kelurahan cipadung telah bertanggung jawab dengan baik dalam melakukan pelaporan pajaknya.Dari aspek kepatuhan dan pemahaman pajak seperti diantaranya patuh serta memahami kewajiban perpajakan,prosedur perpajakan,dasar aturan perpajakan,menghitung dan memotong perpajakan perangkat kelurahan cipadung sudah baik dalam melaksanakan tugasnya.Namun memang terdapat sedikit hambatan pada pelaksanaan pelaporan pajak tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Sakina Dwi, I. B. (2020). Implementasi Perpajakan Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Di Desa Bungaejaya Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa) . Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan, Volome 4, Nomor 1, Maret 2020, Hlm. 78-91 , 78-91.

Utomo, S. T. (2022). Determinan Kepatuhan Wajib Pajak Bendahara Desa: Studi Empiris Pada Wilayah Kpp Pratama Klaten. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara Vol.4, No.1, (2022), Hal.39-47, 39-47.

Zinal putra, C. D. (2020). Pemantapan Pemahaman Kewajiban Perpajakan Dana Desa Bagi Aparatur Pemerintah Gampong Puuk Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. ResonaJurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Volume 4 [No. 1, 2020] , 8-21.